Pantai Selong Belanak

Selong Belanak, ‘Si Cantik’ di Lombok Bagian Selatan

Selong Belanak, ‘Si Cantik’ di Lombok Bagian Selatan
5 (100%) 1 vote

Lombok tidak cuma punya Pantai Senggigi dan Gili Trawangan, masih banyak destinasi indah di Lombok, seperti Pantai Selong Belanak. Pantai ini punya pasir putih yang cantik dan unik. Bila terkena air laut, pasirnya akan mengeras dan bisa dilalui motor, bahkan sesekali kita akan melihat warga sekitar menunggang kuda mengelilingi pantai.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak berada di Kabupaten Lombok Tengah ini memiliki pasir yang berbeda dengan pantai lain di Lombok bagian selatan. Umumnya pantai-pantai yang berada di Lombok bagian selatan ini mempunyai pasir yang khas, yakni pasir putih yang berbentuk seperti merica.

Tapi lain halnya dengan Pantai Selong Belanak. pantai ini menawarkan pasir putih yang halus dan apabila menyatu dengan air laut, pasir putih ini menjadi keras. Untuk itu tidak heran kita melihat atau menyaksikan beberapa kendaraan bermotor bisa kebut-kebutan di bibir pantainya. Tapi sekarang warga sudah melarang motor masuk ke areal pantai, karena sudah ada tempat parkir khusus yang disediakan yang berada di luar.

Pantai Selong Belanak

Pasir Putih

Pantai Selong Belanak adalah pantai yang wajib dikunjungi apabila Anda berkunjung ke Lombok. Air lautnya yang bening, pantai yang landai, bibir pantai yang memanjang, dan gugusan perbukitan hijau yang menjulang di sekililingnya. Ada pula Gili Lawang yang menghiasi lautan Selong Belanak menjadikan pantai ini menjadi lukisan yang sempurna.

Gili Lawang

View Gili Lawang

Selain pasirnya yang bisa mengeras, Selong Belanak juga mempunyai dua macam ombak, yaitu di sisi kirinya menyuguhkan ombak yang tenang dan di sisi sebelah kanannya menyuguhkan ombak yang agak tinggi. Oleh sebab itu, di sisi kanan ini kerap dijadikan sebagai spot berselancar, terutama oleh wisatawan mancanegara. Di sini biasanya spot berselancar bagi pemula. Apabila anda ingin belajar berselancar, anda harus merogoh kocek 250 ribu saja, anda sudah disiapkan guide dan 1 papan selancar selama satu jam oleh surfing organizer di pantai ini.

Pantai Selong Belanak

Berselancar di Pantai Selong Belanak

Tidak hanya keindahan pantai, di Selong Belanak kita juga bisa berwisata kuliner. Kita bisa menikmati hasil tangkapan laut warga berupa ikan bakar yang dijajakan oleh ibu-ibu nelayan setempat di pinggir pantai. Biasanya, ibu-ibu ini menjual ikan tongkol yang masih segar. Cukup Rp 4.000 saja Anda sudah bisa menikmati satu tusuk tongkol bakar dengan sambelnya yang khas. Ehmm, yummy!

Pantai Selong Belanak juga sudah mulai berbenah, biasanya setiap weekend pantai ini akan menjadi sesak oleh wisatawan lokal. Untuk itu, setiap weekend kita dikenakan biaya masuk pantai dan parkir kendaraan. Berbeda apabila kita berkunjung di hari-hari biasa yang hanya terkena retribusi parkir saja.

Ikan Bakar Khas Selong Belanak

Para Penjaja Ikan Bakar Khas Selong Belanak

Selain itu, warung-warung yang berada di sekitar pantai sudah mulai ditertibkan dengan cara dibuatkan lapak-lapak kaki lima di tempat yang sudah disediakan dan agak jauh dari bibir pantai. Oleh karena itu, pemandangan pantai tidak akan tertutupi oleh lapak-lapak tersebut dan di sini kita tidak akan pernah kekurangan bekal. Buat Anda yang ingin menginap di sekitar pantai, sudah ada beberapa penginapan di daerah ini mulai dari homestay sampai villa mewah.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Rute Selong Belanak dari pusat kota Mataram sangatlah gampang dan tentunya dengan jalanan full hotmix. Hanya berjarak sekitar 60 kilometer dengan melewati Gerung, by pass Bandara Internasional Lombok. Selanjutnya, belok kanan di perempatan Batujai.

Setelah bertemu pertigaan, ambil kanan, lurus melewati Desa Bonder, Desa Mangkung dan sampailah di Desa Selong Belanak. Sebelum sampai di gerbang Wisata Alam Selong Belanak, ada pertigaan, ambil kiri dan lurus. Dari situ kita akan menemukan jalanan menurun. Dari jalanan menurun ini kita bisa menyaksikan pemandangan Selong Belanak dari ketinggian. lho. Setelah melewati turunan ini kita bertemu lagi dengan pertigaan, nah dari pertigaan ini belok kanan dan sampailah di hadapan si cantik, Pantai Selong Belanak!

(Visited 287 times, 1 visits today)


About

Kadal Nongak leq Kesambik, Benang Katak Setakilan… Aduh Denda ~


'Selong Belanak, ‘Si Cantik’ di Lombok Bagian Selatan' have 1 comment

  1. May 26, 2015 @ 9:16 am depz

    headernya ngga banget! :))

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool