Desa Sembalun Lombok

Sembalun East Lombok, I’m in Love

Sembalun East Lombok, I’m in Love
1 (20%) 1 vote

Falling in love isn’t all about with someone. Falling in love might be with ‘something’ or ‘someplace’. Jatuh cinta itu maknanya luas, bisa pada apa saja semisal jatuh cinta pada benda ataupun tempat.

Mengenai tempat, saya punya daftar tempat-tempat yang dengan atau tanpa alasan jelas sudah membikin saya jatuh cinta. Kalau di luar negeri, I choose to fall in love with Germany. Menghabiskan hampir sebagian waktu sekolah saat SMA belajar bahasa jerman membuat saya selalu ingin datang mengunjungi negara tersebut. Sementara kalau di Indonesia, saya jatuh cinta pada tanah sunda lebih tepatnya Jawa Barat. I don’t have reason for this. Terkadang memang jatuh cinta tidak punya alasan. Tsaahhhh~ Berat~ Back to the topic!

Desa Sembalun Lombok

Pemandangan desa sembalun dari bukit pergasingan.

Nah, kalau di Lombok sendiri, cinta saya jatuh pada Sembalun, Lombok Timur. Yang pernah ke Lombok dan mendaki Rinjani pasti tahu tempat ini. Sembalun, selain memang merupakan salah satu gerbang pendakian menuju Gunung Rinjani, Sembalun pada dasarnya juga banyak memilki potensi wisata. Menurut saya, Sembalun itu adalah primadona surga wisata ‘hijau’-nya Lombok, selain wisata pantai di Lombok yang banyak dan tersohor.

Desa Sembalun Lombok

Pemandangan desa sembalun dari bukit pergasingan.

Kenapa sih sampai jatuh hati sama Sembalun? Apa aja yang ada di Sembalun? Here i will really really glad to tell you the reason I fall in love and things you will find in Sembalun. Kita mulai dengan membahas sedikit tentang kawasan Sembalun. Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur yang berada di kaki gunung Rinjani ini terdiri dari beberapa desa termasuk Desa Sembalun, Sembalun Bumbung, Sembalun Lawang, Sajang, Bilok Pitung, dan Sembalun Timba Gading.

Desa Sembalun Lombok

Pemandangan persawahan sembalun dari bukit pergasingan.

Desa-desa ini berada di ketinggian yang bervariasi yaitu sekitar 800 hingga 1200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Karena berada di ketinggian plus berada di lereng gunung yang dimana gunung ini menjadi pucuk tertingginya Lombok yaitu Rinjani, tidak heran kalau udara disini sejuk. Sejuknya Sembalun ditambah lagi dengan masih banyaknya tanaman hijau yang tersebar di penjuru Sembalun. Ini salah satu alasan kenapa saya suka main ke Sembalun.

Puncak Sembalun Lombok

Puncak sembalun.

Perjalanan menuju Sembalun, jika berangkat dari Mataram, maka jarak tempuhnya bisa menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor seperti yang biasanya saya lakukan. Sementara kalau berangkat dari ibukota kabupaten Lombok Timur, yaitu Selong, maka jarak tempuhnya tentu lebih dekat yaitu sekitar 45 menit. Bagi saya perjalanan ke Sembalun dari pusat Kota Mataram menggunakan sepeda motor lebih menyenangkan. Meskipun seringkali membuat badan pegel dan masuk angin, tapi sisi terbaik dari mengendarai sepeda motor ke Sembalun adalah ketika kita bisa melihat secara jelas dan bebas sekilas panorama alam Sembalun yang masih sangat asri. Kalau mengendarai mobil, meskipun nyaman, rasanya tidak akan sebebas ini untuk memandangi alam Sembalun saat di perjalanan.

Desa Sembalun Lombok

Kantor desa sembalun.

Selain karena alasan landscape Sembalun yang asri dan menyegarkan mata juga pikiran, alasan lain yang membuat saya jatuh cinta terus menerus pada tempat ini adalah karena wisatanya. Sembalun punya banyak tempat wisata dengan beragam aktivitas yang bisa dilakukan disini. Termasuk aktivitas kesukaan saya. Hiking! Camping juga! Bisa dibilang Sembalun merupakan surganya untuk melakukan aktivitas tersebut, karena disini banyak terdapat bukit-bukit dengan ketinggian hingga 2000-an mdpl untuk didaki. Bukit-bukit seperti Pergasingan, Anak Dara, Nanggi, Dandaun dan Lincak merupakan beberapa bukit yang menjadi alternatif wisata mendaki. Bukit-bukit ini tepat berada di kaki gunung Rinjani dan juga berhadapan langsung dengan puncak Dewi Anjani.

Desa Sembalun Lombok

Pemandangan desa sembalun dari bukit dandaun.

Gunung Rinjani Lombok

Wisata mendaki ke gunung rinjani

Selain bukit, ada juga wisata air terjun diantaranya ada air terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek yang pernah saya kunjungi. Untuk menuju ke air terjun pengunjung harus melakukan soft-trekking. Yay! I always love trekking. Selain wisata kesukaan saya tersebut, ada juga wisata lainnya yang bisa jadi kesekuaan keluarga, semisal wisata petik buah apel dan stroberi. Setiap kali ke Sembalun saya selalu ingin suatu hari bisa memboyong satu keluarga untuk main ke Sembalun untuk sekedar menikmati bersama hijaunya alam Sembalun dan mencicipi manis dan asemnya buah-buahan hasil perkebunan para petani di Sembalun.

Desa Sembalun Lombok

Wisata air terjun mangku sakti

Desa Sembalun Lombok

Wisata petik stroberi

So, guys… that’s the reason why I fall in love with Sembalun dan alasan itulah yang membuat saya terus ingin kembali dan kembali lagi berkunjung ke Sembalun. How about you? Dimana tempat di Lombok yang sudah membuat kamu jatuh cinta? Atau kamu belum nemuin tempatnya? Cepeeeeettt main ke Lombok! Book ticket! And find your ‘love’ here!

(Visited 225 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Sembalun East Lombok, I’m in Love' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool