Seni Rakyat Kentongan Bambu Sakti

Seni Rakyat Kentongan Bambu Sakti Lombok

Seni Rakyat Kentongan Bambu Sakti Lombok
Vote Us

Seni rakyat Gendang Beleq sudah identik dengan Lombok. Namun, kini ada seni rakyat baru yang memberikan alternatif atraksi menarik, kombinasi dari alat musik, tarian dan lagu pengiring. Seni rakyat Kentongan Bambu Sakti, berlokasi di Pancor Lombok Timur. Mengutip nama dari salah satu alat musik yang digunakan, yaitu kentongan bambu, alat yang sudah dimanfaatkan sejak lama sebagai salah satu alat bantu pengamanan kampung. Penanda ada kejadian tak biasa yang bisa dikenali dari pola bunyi yang dihasilkan pada kentongan bambu.

Seni rakyat Kentongan Bambu Sakti bahkan melibatkan anak-anak di banyak atraksi berkesenian mereka. Ikhtiar yang patut diapresiasi wajar, demi generasi penerus, menjaga bentuk-bentuk kesenian rakyat khas Lombok. Untuk kemudian bisa dinikmati sampai sekian tahun ke depan.

Saya menyaksikan langsung beberapa lagu berbeda yang dibawakan kelompok seni rakyat Kentongan Bambu Sakti di salah satu malam Festival Muharram tahun lalu di lapangan Nasional Selong, Lombok Timur. Mulai dari beberapa lagu Sasak, cilokaq atau pun yang kekinian, lagu pop berbahasa Sasak. Bahkan, lagu-lagu pop terkini favorit Ezytravelers juga dikreasikan ulang dipadu dengan atraksi dari belasan anggotanya. Para pemain yang melakukan atraksi juga membekal satu kentongan kecil, yang dimainkan selaras dengan lagu yang sedang dibawakan oleh kelompok pemain lain yang alat musiknya lebih kompleks dan berdiri terpisah dari para pemain yang melakukan berbagai macam atraksi.

Yakin sudah tau event Bau Nyale Lombok? Ini 5 Hal Unik saat Bau Nyale di Lombok
Kentongan Bambu Sakti Pancor Lombok Timur

Kentongan Bambu Sakti Pancor Lombok Timur

Ezytravelers tertarik ingin saksikan langsung juga atraksi para pemain Kentongan Bambu Sakti? Sesekali, di pelataran parkir yang luas dari Terminal Bis Pancor Lombok Timur, Kentongan Bambu Sakti juga mempertunjukkan kebolehannya.

Seni Rakyat Kentongan Bambu Sakti Pancor Lombok Timur

Seni Rakyat Kentongan Bambu Sakti Pancor Lombok Timur

Jika saya paling menyukai atraksi pemain dengan formasi yang berubah-rubah serta beberapa gerakan seragam lainnya, terutama para pemain anak-anak yang seringkali berbaris di bagian tengah. Bagi Ezytravelers, kepiawaian para pemusiknya yang mungkin justru menjadi magnet lebih, mengingat jenis lagu yang dibawakan saat atraksi lintas genre. Khas Sasak Lombok ayo, pop kekinian ya iya, dan yang paling ramai mengundang respon penonton ya jenis koplo. Jenis musik yang sempat ngetren efek dari satu tontonan rutin di layar kaca beberapa tahun lalu.

Pemain Seni Rakyat Kentongan Bambu Sakti

Pemain Seni Rakyat Kentongan Bambu Sakti

Musik serba rancak dari beberapa jenis alat musik pukul seperti drum, cymbal, kulintang bambu, calung, kendang bahkan drum biru yang umumnya dipergunakan sebagai tempat sampah atau gentong air. Musik nan meriah, meski lagu asli yang dibawakan dari berbagai genre musik, dibawakan Kentongan Bambu Sakti dengan irama rancak yang susah untuk tak ikutan bergerak atau bersemangat saat menyaksikan aksi musik mereka.

Sanggar kreatif Kentongan Bambu Sakti berlokasi cukup dekat dari Terminal Bis Pancor, tempat mangkal bus damri yang rutin antarkan Ezytravelers ke Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya Lombok Tengah. Jadi, kalau sesekali ingin mampir di sela trip berlibur ke Lombok buat seseruan ngobrol tentang sejarah Kentongan Bambu Sakti, atau saksikan momen-momen berlatih mereka, minta saja ojek atau cidomo yang mangkal di terminal atau pasar Pancor mengantarkan Ezytravelers ke sanggar mereka. Saya sih, lebih suka berjalan kaki saja, dekat koq. Sudahlah sehat jiwa, juga sehat fisik..^_^

Atraksi Kentongan Bambu Sakti

Atraksi Kentongan Bambu Sakti

Hasil ngobrol sebentar dengan salah satu pemain, seni rakyat Kentongan Bambu Sakti pengembangan kreatif dari kesenian Tongkek atau Tetongkek Lombok yang menggunakan kentongan bambu hias sebagai pelengkap atraksi. Teteup, bagi saya, pelibatan anak-anak di setiap atraksi kesenian yang dilakukan Kentongan Bambu Sakti sungguh mengesankan. Kreasi baru yang cukup jarang disaksikan di atraksi seni rakyat musik tabuh Lombok lainnya seperti Gendang Beleq. Kelompok seni rakyat lain yang juga saya saksikan kadang melibatkan anak-anak adalah Rudat, namun di jumlah yang lebih kecil. Misal, dari satu barisan rudat, satu atau dua barisan paling belakang dari sekitar belasan penari yang menyertakan penari anak-anak. Sementara, di Kentongan Bambu Sakti, satu baris anak-anak yang juga memegang serta memainkan kentongan sendiri ada sekitar enam sampai delapan orang.
Nah, sekarang, sudah dapatkan contekan kesenian rakyat khas Lombok lainnya sebagai rujukan destinasi wisata baru Ezytravelers untuk kunjungi Lombok lagi dan lagi. Agar berkesan maksimal, jangan lupa intip paket liburan, promo tiket dan hotel terbaru di sini yak! Cuzzz..

“Intip Paket Liburan, Tiket Pesawat dan Tarif Hotel Lombok Terbaru” Paket Liburan, Tiket Pesawat, dan Tarif Hotel Murah
(Visited 107 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Seni Rakyat Kentongan Bambu Sakti Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool