Snorkeling Sore di Pantai Mentigi, Lombok Utara

Snorkeling Sore di Pantai Mentigi, Lombok Utara
5 (100%) 1 vote

Pantai Mentigi adalah salah satu pantai “ciamik” yang terletak di Dusun Mentigi, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit para wisatawan lokal untuk menghabiskan akhir pekan mereka dengan keluarga atau teman. Pantai Mentigi juga merupakan tipikal pantai yang nyaman dan pas dijadikan sebagai tempat piknik bareng keluarga, apalagi kalau membawa anak-anak karena Pantai Mentigi memiliki ombak yang tenang dan pantainya cukup dangkal, jadi sangat aman untuk anak-anak.

Nah, selain menjadi spot piknik favorit para wisatawan lokal, ternyata Pantai Mentigi juga merupakan spot favorit bagi para pecinta snorkeling. Pantai yang tenang, bersih dan bening serta terumbu karang yang cukup indah menjadikan Pantai Mentigi sebagai surga bagi para penggila snorkeling. Selain itu, Pantai Mentigi juga merupakan tempat yang pas dan aman buat teman-teman yang ingin belajar snorkeling.

Jumat lalu, salah seorang teman saya yang berprofesi sebagai penyelam alias diver, mengajak saya untuk ber-snorkeling ria sekaligus latihan free diving di Pantai Mentigi. Tanpa pikir panjang, saya pun langsung meng-iya-kan ajakan om master diver yang satu ini. Rencana awalnya kami akan berangkat pukul 13.30 siang setelah selesai sholat Jum’at, namun cuaca waktu itu kurang bersahabat. Hujan lebat disertai angin yang cukup kencang melanda kawasan Senggigi dan sekitarnya hingga Pantai Mentigi. Kami pun harus menunda keberangkatan kami dan menunggu hujan reda dulu. 2 jam kemudian, hujan pun mulai mereda dan matahari dengan malu-malu mulai menampakkan dirinya. Tidak mau membuang banyak waktu, kami pun langsung menggeber mesin kendaraan kami menuju Pantai Mentigi yang berjarak sekitar 35 KM dari Kota Mataram.

Setelah melewati jalanan panjang dan berkelok seperti ular, sekitar jam 4 sore kami pun tiba di Pantai Mentigi. Oh, finally! Keadaan di Pantai Mentigi waktu itu sangat sepi. Hanya ada kami dan warga pemilik warung kecil, tidak ada pengunjung lain. Kondisi Pantai Mentigi pun waktu itu sangat tenang dan hampir tidak ada ombak. It’s perfect!

Suasana Pantai Mentigi yang tenang, laut yang bening, bersih dan tak berombak langsung membuat kami sakau. Kami pun langsung menyiapkan snorkeling gear yang kami bawa. Setelah semuanya siap dan melakukan sedikit pemanasan, kami pun langsung nyemplung ke laut yang waktu itu terasa lebih hangat. Oh ya, FYI, sebelum melakukan kegiatan snorkeling atau free diving, alangkah baiknya jika kita melakukan pemanasan atau peregangan otot terlebih dahulu agar tidak mengalami kram.  Hal ini cukup penting dilakukan karena kalau mengalami kram ketika snorkeling, bisa membahayakan keselamatan kita.

Dengan santai, kami pun mulai menjelajahi setiap sudut keindahan bawah laut Pantai Mentigi. Terumbu karang yang ada di Pantai Mentigi tergolong masih sehat dan sedap dipandang mata. Sejauh mata memandang, terdapat banyak terumbu karang dengan berbagai macam jenis, warna dan ukuran. Selain itu, selama snorkeling, kami melihat banyak sekali ikan yang berenang dengan bebas di antara terumbu karang. Ikan-ikan ini sangat cantik dengan warna yang bervariasi. Ukuran dan jenis ikan-ikan ini pun beraneka ragam. Snorkeling di laut yang bening ditemani dengan ikan-ikan yang cantik dan terumbu karang yang bagus berasa seperti sedang berada di dalam sebuah akuarium raksasa. Sensasinya benar-benar amazing!

Oh ya, snorkeling sore ternyata sangat asyik dan tidak panas. Kondisi cuacanya bisa dikatakan sangat pas dan tentunya tidak membuat kulit jadi gosong. 😀

Saking asyiknya snorkeling, kami tidak menyadari kalau waktu sudah semakin sore dan mulai gelap. Kami pun memutuskan untuk segera naik, yah walaupun rasanya belum puas.

Setelah membersihkan diri dan mengganti pakaian yang basah, kami kemudian duduk santai di pinggir pantai menikmati “cloudy sunset” Pantai Mentigi sambil menikmati snacks yang kami bawa. Rasanya sangat syahdu! Selesai sunset-an, kami pun meninggalkan Pantai Mentigi dengan perasaan senang dan bahagia.

Well, itulah kisah snorkeling sore kami di Pantai Mentigi. Buat para pecinta snorkeling, spot yang satu ini wajib dicoba dan buat yang ingin belajar snorkeling, maka spot keceh yang satu ini adalah tempat yang pas untuk berlatih.

Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan ketika berlibur ya. 🙂

Sekian!

Have a nice weekend!

(Visited 405 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Snorkeling Sore di Pantai Mentigi, Lombok Utara' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool