Soft Tracking seru ke Air Terjun Segenter, Lombok Barat

Soft Tracking seru ke Air Terjun Segenter, Lombok Barat
5 (100%) 1 vote

“Liburan ke pantai melulu, kalau ngga pantai ya ke gili. Bosen ah panas-panasan… cari suasana baru dong”.

Itulah sebaris kalimat yang meluncur dari seorang teman yang mungkin sedang jenuh menghitamkan kulitnya (baca: menjelajah pantai-pantai di lombok).

Rupanya teman saya ini, sebut saja mawar (tentunya bukan nama sebenarnya) agak kurang gaul. Masa udah 2015 Cuma tau pantai-pantai di Lombok aja. Duh… kemana aja mas mawar selama ini? Beliau ini memang seorang perantau di Lombok dan baru mengeksplore sebagian spot wisata di Lombok. Mayoritas spot yang dikunjungi memang pantai dan gili (pulau kecil).

Kebetulan saat itu memang akhir pekan dan rasanya cukup tepat untuk saya mengajak beliau dan beberapa teman lainnya untuk lebih mengenal lokasi wisata di Lombok. Saya ingin membuka mata hatinya *halah!* bahwa Lombok, walaupun dikenal dengan julukan “pulau seribu pantai”, juga memiliki kekayaan wisata alam dalam bentuk lain seperti pegunungan (Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, Bukit Dandaun) dan juga air terjun.

Akhirnya langsung saja saya memutuskan untuk mengajaknya ke air terjun yang berada tak jauh dari kota Mataram.

5

air terjun segenter #1

Air terjun ini namanya air terjun Segenter. Berada di Dusun Kumbi, Desa Pakuan kecamatan Narmada Lombok Barat. Tak jauh dari pusat kota Mataram, hanya dibutuhkan kurang lebih 30 menit berkendara (motor atau mobil) untuk sampai ke Pintu Masuk Balai Taman Hutan Raya Nuraksa Sesaot. Jalurnya Mataram – Narmada – Sesaot – Balai Taman Hutan Raya Nuraksa.

7

pintu masuk

Sesampainya di Pintu masuk Taman Hutan Nuraksa, kami memarkir dan menitipkan kendaraan. Perjalanan dilanjutkan dengan soft tracking. Termasuk kategori Soft tracking karena jalur trackingnya tidak begitu sulit. Hanya melewati jalan tanah selebar +-2m yang cukup landai.

Sebenarnya ada alternatif lain jika kita ingin langsung menuju air terjun tanpa soft tracking yaitu menggunakan motor trail atau mobil 4wheel-drive. Tapi mana seruuuu?

Nah… dengan soft tracking kami harus melewati hutan raya nuraksa yang segar alami dipenuhi pepohonan hijau nan rimbun dan sungguh kaya akan vegetasi. Asiknya lagi, setiap jenis pohon diberi label nama Indonesia beserta nama latinnya. Sangat menambah pengetahuan!

3

soft tracking

Setelah perjalanan soft tracking selama kurang lebih 45 menit dengan kecepatan normal kamipun tiba di sebuah lahan terbuka yang mirip sebuah jurang. Dari sini spot air terjun sudah sangat dekat, bahkan kami dapat mendengar suara arus air yang cukup keras. Perjalanan tinggal menyisakan susuran tangga turun hingga tiba di hadapan air terjun.

1

papan informasi

Air terjun segenter memiliki tinggi pancuran sekitar 10-15 meter dan di bagian bawah terbentuk seperti sebuah kolam alami. Beruntung saat itu musim penghujan, jadi debit air yang jatuh semakin besar dan air terjun terlihat semakin indah.

4

air terjun segenter #2

2

air terjun segenter #3

Bebatuan dan sungai kecil yang terbentuk di sekelilingnya menambah keindahan panorama air terjun segenter. Air terjun yang bening dan segar akan sangat menggoda pengunjungnya untuk mandi-mandi atau sekedar cuci muka. Bahkan kami semua tak sabar langsung nyemplung. Asiknya Air terjun segenter ini adalah pengunjungnya yang tidak banyak. Selain rombongan kami hanya ada beberapa pengunjung yang sedang mandi-mandi. Rasanya seperti sedang berada di pemandian alam pribadi. Dan suasana alam yang sangat alami benar-benar mencipatakan suasana relax. Bahkan selain suara air, kami hanya mendengar suara kicauan burung yang bersahutan.

Berikut beberapa Catatan yang perlu diperhatikan bagi pengunjung air terjun segenter :

  • Berhati-hatilah ketika menuruni tangga karena cukup curam dan licin sehingga dapat membahayakan jika kurang waspada.
  • Jangan berenang ke pusaran air terjun karena dapat membahayakan jiwa
  • Bawalah snack/makanan/minuman karena tak ada pedagang makanan/minuman di lokasi
  • Ingat untuk selalu menghormati alam dengan menjaganya dan tidak membuang sampah sembarangan
6

air terjun segenter #4

Seperti kisah-kisah dengan happy ending lainnya, kami pun pulang dengan hati senang dan riang gembira.

Dong ayokkkkk ke Lombok 🙂

(Visited 885 times, 1 visits today)

About

blogger yang sangat mencintai lombok. impiannya sederhana, keliling Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budayanya. "menikmati hidup dengan mensyukurinya dan mensyukuri hidup dengan menikmatinya karena hidup itu indah" adalah tagline hidupnya. ^^


'Soft Tracking seru ke Air Terjun Segenter, Lombok Barat' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool