Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Tibu Tereng, Spot Air Terjun di Lombok yang Mempesona

Vote Us

Selain terkenal dengan pantai dan gili-gili nya yang eksotis, Pulau Lombok juga ternyata banyak sekali menyimpan air terjun yang mempesona. Salah satu spot air terjun di Lombok yang menurut saya sangat keceh yaitu Air Terjun Tibu Tereng. Salah satu spot air terjun di Lombok ini memang belum “se-fenomenal” air terjun lainnya seperti Air Terjun Tiu Kelep, Sekeper atau Air Terjun Mangku Sakti. Tapi pesonanya tidak kalah dengan air terjun tersebut dan saya jamin kalau ezytravelers bakalan betah banget berlama-lama di Air Terjun Tibu Tereng ini.

View Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Sebelumnya, saya enggak pernah menyangka kalau ada spot air terjun di Lombok yang sekeren ini dan lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Mataram. Sebenarnya waktu itu saya dan teman-teman lagi iseng-iseng saling komen foto di Instagram. Dan gak taunya, keisengan ini berujung pada sebuah ajakan untuk mendatangi salah satu spot air terjun di Lombok Barat yang terletak di Desa Bukittinggi, Kecamatan Gunung Sari ini.

Singkat cerita, keesokan harinya, tepat pukul sembilan pagi kami bertiga akhirnya bertemu di meeting point yang telah ditentukan malam sebelumnya. Dari meeting point ini, kami kemudian mulai berkendara dengan santai menuju Desa Bukittinggi. Kondisi jalannya sudah diaspal dan nyaman dilalui. Namun, memasuki kawasan Desa Bukittinggi dan semakin ke atas kondisi jalannya mulai berubah. Jalannya masih berupa tanah dan belum diaspal. Setelah melewati kawasan perkampungan warga, kini kami memasuki kawasan hutan. Kondisi jalannya pun menjadi semakin ekstrim. Jalan tanah berbatu dan agak sempit. Di sebelah kanan kami terdapat jurang yang cukup tinggi. Well, memasuki kawasan hutan ini ezytravelers harus berkendara dengan ekstra hati-hati.

Setelah berjibaku melewati jalanan hutan yang cukup ekstrim dan memacu adrenalin, akhirnya kami tiba di tempat penitipan (parkir) motor. Tempat penitipan motor ini dijaga oleh warga setempat dan kami hanya perlu membayar Rp. 2000/motor. Untuk memasuki kawasan air terjun ini, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Oh ya, walaupun belum “se-terkenal” air terjun lainnya, namun kawasan wisata alternatif ini sudah cukup dikelola dengan baik. Misalnya, ada tempat penitipan motor, jalan setapak menuju lokasi air terjun sudah di semen (dirabat), dan terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat.

Dari tempat penitipan motor, kami kemudian berjalan kaki (soft-trekking) mengikuti jalan setapak yang ada menuju lokasi Air Terjun Tibu Tereng. Setelah berjalan kurang lebih selama 10 menit, kami akhirnya tiba di Air Terjun Tibu Tereng, salah satu spot air terjun di Lombok yang sangat mempesona. Well, lokasi air terjun ini dari tempat penitipan motor cukup dekat, bahkan sangat dekat. Jadi, ezytravelers gak usah takut untuk merasa capek.

Jalan menuju Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Tiba di lokasi air terjun, mata kami langsung dibuat takjub dengan pemandangan alam yang sungguh indah. Pepohonan hijau nan asri, suara air terjun yang menggema, kolam air terjun yang bening dan berwarna kehijauan. Pokoknya suasananya bernar-benar syahdu dan menenangkan. Apalagi waktu itu cuma hanya ada kami bertiga di sana. Rasanya ini air terjun berasa milik kami.

Pose di Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Setelah duduk beristirahat sejenak, kami kemudian segera berganti pakaian. Rasanya kami sudah tidak sabaran untuk segera nyemplung di kolam air terjun yang terlihat begitu menggoda. Dan, kami pun langsung melompat dari atas batu menuju kolam yang terlihat begitu segar. Sensasinya benar-benar luar biasa. Badan langsung terasa segar dan pikiran langsung fresh. Kami berenang dan bermain dengan riang gembira. Menikmati setiap sudut keindahan yang ditawarkan oleh salah satu spot air terjun di Lombok yang akan segera “booming” ini.

Menikmati Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Lompat di Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Berenang di Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Sudut Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Puas bermain dan berenang, kami kemudian duduk santai berleha-leha di atas sebuah batu di pinggiran kolam untuk menikmati makanan yang kami bawa. Yah, rasanya benar-benar nikmat. Habis berenang di kolam air terjun yang sangat segar terus menikmati makanan yang lezat.

Santai di Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Panorama Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok

Oh ya, selain Air Terjun Tibu Tereng, di wilayah Desa Bukittinggi ini ternyata terdapat empat air terjun lainnya. Dan lokasi nya pun berdekatan. Hanya perlu berjalan sekitar 10-15 menit dari air terjun satu ke air terjun yang lainnya. Kalau ezytravelers mengunjungi wilayah desa ini, ezytravelers bisa mendatangi semua air terjun ini sekaligus. Asyik bukan?!

Setelah selesai menikmati makanan yang kami bawa, kami kemudian melanjutkan perjalanan kami ke air terjun lainnya.

Well, itulah kisah singkat perjalanan kami mengunjungi salah satu spot air terjun di Lombok yang sungguh mempesona ini.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Tiket Pesawat Murah, Paket Wisata & Hotel di Lombok

Kalau ezytravelers sedang berada di Kota Mataram dan ingin mencari wisata alternatif yang dekat, maka Air Terjun Tibu Tereng, spot air terjun di Lombok yang amazing ini bisa dijadikan pilihan.

Sekian!

(Visited 790 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Tibu Tereng, Spot Air Terjun di Lombok yang Mempesona' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool