Spot Mancing Rock Casting Lombok

Tebing Sekaroh, Spot Mancing Berbatu Lombok Timur

Tebing Sekaroh, Spot Mancing Berbatu Lombok Timur
5 (100%) 1 vote

Spot mancing di Lombok cukup sering diselipkan di ulasan-ulasan trip bagi Ezytravelers.

Kali ini, saya akan kisahkan trip seru bersama Om Icun. Om Icun pemilik satu bengkel milik sendiri di selatan kota Selong, kota kabupaten Lombok Timur (Lotim). Hobinya memancing spesifik di tempat-tempat yang memacu adrenalin. Satu spot mancing favoritnya, rock casting di Tebing Sekaroh Jerowaru Lotim.

Tebing Cantik Spot Mancing Sekaroh

Trip mancing bonus view cantik di Spot Mancing Sekaroh

Membuka bengkel di hari-hari kerja, dua hari di weekend akan selalu diluangkan Om Icun untuk pergi memancing ke spot-spot favoritnya. Kisahkan ulang salah satu tripnya bersama suami saya, Ezytravelers yang punya hobi sama, bisa jadikan tebing Sekaroh sebagai destinasi trip wisata sekaligus hobi memancing. Yuk, disimak..

Di mana sih Tebing SEKAROH?

 

Tebing Sekaroh terletak di sebagian garis pantai dengan banyak tanjung menjorok ke laut di ujung Tenggara pulau Lombok. Searah dengan spot-spot wisata pantai terkenal, spot mancing yang terkenal sebagai potensi rock casting (teknik memancing dari tebing pantai) ini masih sebatas diketahui oleh para hobi mancing seperti Om Icun. Dengan kata lain, bukan spot mancing yang umum, karena memang jalur tempuhnya sulit serta jauh dari akses jalan raya.

Jalur Spot Mancing Sekaroh

Hutan dan lereng bukit, jalur sepi menuju spot mancing Sekaroh.

tebing-batu-spot-mancing

Tebing batu spot mancing Sekaroh Lotim.

“Butuh adrenalin untuk yakin kita aman selama perjalanan. Jarang banget papasan sama penduduk lain di jalur menuju spot. Om Icun juga wanti-wanti, sebaiknya menghindari perjalanan malam karena sulitnya medan menuju tebing,” sambil menerawang mengingat momen tripnya, suami saya teruskan saran perjalanan dari Om Icun. Yah, sesekali saya juga masih tergoda untuk nebeng trip mancing suami saya.

Ekstasi “strike” ikan saat memancing berikan sensasi trip yang berbeda dibanding keterpanaan nikmati keindahan alam. Dua trip yang sama-sama saya sukai. Pun mungkin juga kesukaan Ezytravelers kan? Akses kendaraan motor sekira satu jam dari kota Selong, waktu yang cukup lama justru dibutuhkan saat menuju spot dan harus keluar dari jalan raya umum. Hutan rimbun, lembah-lembah dengan semak yang melebat di musim hujan serta cerukan-cerukan antar lembah yang memaksa motor yang dikendarai harus ekstra kuat. Ini pula yang menantang Om Icun memodifikasi sendiri motor tunggangannya khusus untuk taklukkan medan perjalanan menuju spot tebing Sekaroh.

Jika Ezytravelers memilih menginap di hotel-hotel terdekat dari Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya Lombok Tengah, spot Tebing Sekarong tertempuh sekitar 2 jam perjalanan. Selain motor ‘tak normal’, lokasi spot yang berada di tebing juga mengharuskan membekal tali pengaman tubuh. Wew.. Canyoning plus mancing nih jatohnya. “Lain kali boleh ikut koq. View saat sunrise dan sunset bikin lupa pulang..”

motor-modif-kawal-trip-ke-spot-mancing-sekaroh

Motor modif, partner mancing om Icun ke Spot Sekaroh.

Nah lho. Lupa pulang karena keasyikan berburu GT, jolong-jolong atau kerapu, plus view-view indah sunrise dan sunset? Huwwaaa, peralatan mancing nambah dong ni. Semacam mau membekal tenda gitugh..

 

Target Ikan di Spot Mancing Sekaroh

 

Giant Trevally (GT), kakap merah serta beberapa jenis ikan pelagis menjadi target ikan pancing spot tebing Sekaroh. Dapur rumah saya paling sering memasak ikan jolong-jolong, karena di spot mancing mana pun, suami saya masih sedang keranjingan teknik casting. Salah satu teknik memancing yang gunakan umpan buatan seperti minnow, lure atau spoon.

target-ikat-spot-mancing-tebing-sekaroh

GT, Kerapu, salah dua target ikan spot mancing Sekaroh.

 

Tips Simpel Trip Mancing Seru Nan Berkesan

 
Belasan tahun menjadi guide trip, tak banyak tamu yang saya temani meminta trip memancing. Yang paling seru dan berkesan, mengawal trip wisata plus memancing keluarga bos saya saat masih bekerja di Semarang rentang tujuh tahun lalu. Tak berhasil kompori trip mancing ikan air tawar di Danau Segara Anak Rinjani (modus nebeng trip trekking rendezvous sendiri 😀 ), bos saya waktu itu memilih trip memancing ke kawasan laut Selatan Lombok. Paket trip mancing umumnya disediakan di toko-toko pancing yang ada di Lombok.

Mau langsung mancing di Lombok? Ayo booking tiket pesawat dan ambil promo hari ini. Eits jangan lewatkan paket wisata Indonesia juga ya!

Jika tujuh tahun lalu saya dibantu Om Saliman, kapten kapal sekaligus pemilik toko pancing di kota tua Ampenan, saat ini sudah cukup banyak kapal mancing, partner trip yang tersebar di daerah-daerah pesisir Lombok. Di Mataram sendiri, satu toko pancing terbesar terletak di kompleks perdagangan Bertais Sweta. Cukup dekat dari terminal bis Mandalika Lombok Barat.

Berikut beberapa tips sederhana saya untuk contekan trip memancing ke Lombok:

Pertama, tentukan trip memancing Ezytravelers dari rumah. Keputusan ini akan memastikan trip yang fokus serta janjikan potensi ikan strike favorit.

Kedua, pilihlah paket trip memancing yang sediakan peralatan memancing lengkap. Ezytravelers tak lagi pikirkan permasalahan bagasi untuk set peralatan memancing.

Ketiga, minta detail keterangan perahu, kapten kapal, jumlah ABK (Anak buah kapal) serta akomodasi yang didapatkan. Hal ini akan membuat Ezytravelers enjoy dan lebih fokus puaskan plus raih ekstasi maksimal dari trip memancingnya.

 

(Visited 340 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Tebing Sekaroh, Spot Mancing Berbatu Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool