Bukit Korea Lombok

Sunrise di Bukit Korea Lombok, Favorit Pesepeda Gunung

Sunrise di Bukit Korea Lombok, Favorit Pesepeda Gunung
5 (100%) 5 votes

“Ke Korea yuk!”, saya yang mendengar celetukan itu langsung menoleh seraya mengambil handphone dan dengan semangat ’45 langsung membuka aplikasi ezytravel.co.id di situ kan banyak banget tuh tiket promo dan paket liburan yang murah. “Ngapain loe cari tiket?”, partner hidup saya bertanya saat melihat saya sibuk mencari tiket. “Lah, katanya mo ke Korea? Kan cari tiket sama paket wisata yang sesuai kantong kita”, saya nyengir. “Maksud gue ke Bukit Korea, dee… Siapa tahu bisa ketemu sunrise yang kece. Besok setelah sholat subuh kita langsung aja berangkat”, dia protes sewot dan saya langsung ngakak sekaligus malu gara-gara ke-Ge-Er-an. Saya pikir diajakin liburan ke negeri Lee Min Hoo dan Woo Bin, yaaaah kita batal ketemu deh oppa. Hahahahiks……

Agar kamu gak menjadi korban pikiran sesat alias GR tingkat Dewi macam saya, mending saya jelasin deh. Jadi, di Lombok tuh tepatnya tidak jauh dari kota Mataram, ada bukit yang bernama “Bukit Korea“, asal muasal nama tersebut menurut warga setempat karena ada lahan luas di atas bukit yang pemiliknya merupakan orang Korea. Hal itu menjadikan bukit tersebut dijuluki dengan sebutan “Bukit Korea”. Lokasi Bukit Korea Lombok ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Mataram. Kurang lebih hanya 30 menit dengan berkendara santai.

Bukit Korea Lombok

Bukit yang terletak di Desa Dopang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat ini sangat terkenal dikalangan pecinta MTB, motorcross ataupun mobil offroad. Terutama untuk para pesepeda gunung, Bukit Korea Lombok merupakan pilihan utama untuk dijelajah. Rutenya yang pendek dan terbilang cukup mudah, membuat Bukit Korea Lombok menjadi tempat favorit nih, apalagi lokasinya yang lumayan dekat dari Mataram. Jika akhir pekan datang, jalur menuju Bukit Korea Lombok akan ramai dengan orang-orang yang bersepeda secara berkelompok ataupun sendiri.

Bukit Korea Lombok Barat

Nah, minggu pagi itu, setelah shalat subuh, saya dan partner hidup saya langsung tancap gas ke arah Bukit Korea Lombok. Karena kami bukan pecinta sepeda gunung alias tidak memiliki sepeda ya akhirnya kami memakai motor ke sana. Sayangnya, Alpine, motor kesayangan saya sedang mondok di bengkel, mungkin dia kecapekan setelah saya ajak touring dari Lombok ke Banyuwangi. Jadilah kami menaiki motor matic, sebenarnya saya agak khawatir ini motor bisa tidak diajak nanjak ke Bukit Korea Lombok. Jangan sampai ngos-ngosan ketika di tanjakan deh.. Hehehe

Jalur ke Bukit Korea Lombok

Pagi buta menyusuri jalan Bung Karno, lurus ke utara ke jalan Bung Hatta, sepanjang perjalanan kami berjumpa dengan beberapa kelompok pesepeda gunung. Ada yang berkelompok besar, ada juga yang hanya berdua saja atau dalam jumlah kecil lainnya. Melihat rute yang mereka lalui sama seperti kami, berbelok ke Gegutu kemudian ke arah Kekeri, sepertinya tujuan mereka sama dengan kami, yaitu ke Bukit Korea. Sesampainya di sebuah perkampungan, ada sebuah gang bertuliskan arah Makam Batu Riti. Kami memperlambat laju motor dan berbelok masuk gang kemudian mengikuti jalan ke arah jalan Makam Batu Riti. Karena kami mengendarai motor, jadilah kami mendahului para pesepeda tadi.

Bukit Korea Mataram

Setelah melalui Makam Batu Riti, tak jauh dari sana, kami memasuki gapura bertuliskan Desa Dopang. Sepertinya kami semakin dekat dengan Bukit Korea, laju motor semakin kami perlambat lagi, karena rute ke Bukit Korea Lombok tidak memiliki petunjuk arah. Sekitar 50 meter dari gapura Desa Dopang, ada jalan bercabang yang salah satunya adalah jalan belum beraspal. Kami membelokkan motor matic ke arah jalan tersebut, voilaaaa… Kami langsung disambut oleh medan jalan yang cukup terjal dengan gundukan tanah yang tak beraturan.

Bukit Korea Mataram

Sudah beberapa orang pesepeda di depan kami, mereka cukup menikmati jalan yang cukup menantang. Jalan tanah yang terjal dan menanjak membuat kami harus lebih berhati-hati karena menggunakan motor, dan tentunya motor matic memang bukan pilihan tepat untuk diajakin ber-off-road-ria. Harus pintar-pintar mencari jalan yang tanahnya padat dan mudah dilalui. Semakin lama semakin menanjak, akhirnya kami sampai di pos pertama Bukit Korea. Sebuah tanah yang lapang dan terdapat sebuah saung untuk beristirahat di sana. Mungkin ini untuk tempat istirahat para pesepeda gunung, agar bisa mengatur nafas setelah ngos-ngosan menanjak dengan medan yang lumayan.

Bukit Korea Gunung Sari Lombok

Hwaaaaahh Matahari terbit cantik di balik bukit nun jauh di sana. Beruntungnya kami berhenti di pos pertama dan bisa bertemu dengan sunrise yang cantik di pagi yag cukup dingin. Dari sini juga terlihat kota Mataram yang masih tertutup kabut. Kami meneruskan perjalanan lagi ke atas ke post terakhir bukit Korea, di sana terdapat warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Semakin matahari menyingsing semakin ramai tempat ini, para pesepeda yang tadi bertemu di jalan juga telah sampai di bukit Korea. Puas menikmati hangatnya sinar matahari pagi di atas, kami memutuskan turun dan kembali ke rumah.

Bukit Korea Lombok

Bukit Korea Gunung Sari

Nah, buat kamu yang demen banget bersepeda, kamu wajib nih nyobain rute ke Bukit Korea Lombok ini guysSo, yuukk ke Lombok! Tapi jangan lupa bawa pulang sampahmu, ya!

Mau liburan ke Lombok? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 429 times, 1 visits today)


About

Simply Complicated


'Sunrise di Bukit Korea Lombok, Favorit Pesepeda Gunung' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool