Pantai Ujung Batu Spot Sunrise

Berburu Sunrise di Pantai Ujung Batu, Lombok Tengah

Vote Us

Pulau Lombok memiliki banyak sekali pantai yang indah nan menawan. Pantai-pantai di Lombok ini juga merupakan spot sunset yang menakjubkan. Sebut saja Pantai Senggigi atau Malimbu sebagai contohnya. Ketika senja datang dan matahari mulai terbenam, pemandangan disekitar pantai menjadi semakin indah. Warna langit pun berubah menjadi orange, merah dan jingga. Nah, selain terkenal dengan spot sunset nya, beberapa pantai di Lombok juga terkenal dengan keindahan sunrise nya. Salah satu spot sunrise yang sangat mempesona adalah Pantai Ujung Batu.

Ezytravelers pernah dengar nama pantai ini gak? Pasti jawabannya belum. Well, Pantai Ujung Batu merupakan salah satu spot anti-mainstream di Lombok yang masih sangat jarang di kunjungi. Pantai Ujung Batu secara administratif terletak di Dusun Awang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk menuju spot sunrise yang indah ini, Ezytravelers dapat menempuh rute berikut: Mataram – Bypass BIL – Kuta – Desa Mertak – Dusun Awang – Pantai Ujung Batu. Perjalanan dari Mataram menuju pantai ini memakan waktu sekitar 1,5 jam dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua mengingat lokasinya yang cukup terpencil dan agak susah dijangkau, serta medan jalannya yang sedikit ekstrim.

Perjalanan perburuan sunrise saya ke Pantai Ujung Batu ini sebenarnya tanpa direncanakan sama sekali alias dadakan. Malam itu, insomnia saya kambuh dan tidak bisa tidur sampai jam 3 pagi. Karena gak tau mau ngerjain apa, akhirnya saya iseng buka FB. Ternyata waktu itu ada salah satu teman saya yang sedang online juga. Akhirnya kami chat dan waktu itu dia baru kelar piket di Rumah Sakit. Saya pun iseng ngajakin buat pergi sunrisean. Surprisingly, dia langsung mengiyakan ajakan saya. Singkat cerita, sekitar jam 4 pagi kami berangkat menuju Pantai Ujung Batu, salah satu spot sunrise yang menawan di Lombok.

Before sunrise Pantai Ujung Batu

Suasana jalanan sangat lengang namun sedikit gelap karena minimnya lampu penerangan jalan. Memasuki kawasan Desa Mertak, kondisi jalanan mulai menanjak dan menurun serta terdapat beberapa tikungan tajam yang cukup rawan. Jadi, kami harus mengendarai kendaraan kami dengan pelan dan hati-hati. Memasuki kawasan Awang, kondisi jalan menjadi semakin ekstrim. Kami harus melewati jalanan tanah dan menanjak. Disamping kiri jalan terdapat jurang yang cukup terjal dan disebalah kanan terdapat tebing bebatuan. Suasana jalan sangat gelap, kami hanya mengandalkan lampu kendaraan kami.

Pantai Ujung Batu masih gelap

Setelah berjibaku melewati jalanan yang ‘wow’ kami akhirnya tiba di Pantai Ujung Batu. Suasana pantai sangat sepi dan masih gelap. Dikejauhan hanya terlihat lampu-lampu dari pelabuhan awang dan kapal nelayan. Sunrise yang dinanti pun belum muncul. Sepertinya kami kepagian tiba di lokasi. Karena hawa waktu itu cukup dingin, kami kemudian membuka sleeping bag kami dan menikmati kopi yang kami bawa.

Mendung di Pantai Ujung Batu

Foto di Pantai Ujung Batu

Jam sudah menunjukkan pukul 6 pagi namun keadaan sekitar masih cukup gelap. Setelah berkeliling melihat keadaan, ternyata pagi itu sedang mendung. Dikejauhan bahkan sudah terlihat turun hujan. Kami sedikit khawatir kalau di Pantai Ujung Batu ini akan turun hujan dan kami tidak bisa menyaksikan panorama sunrise yang indah. Kami pun tetap menunggu dan menunggu sambil harap-harap cemas. Tak lama kemudian, sang fajar pun mulai merangkak naik dengan perlahan. Sinarnya yang terang langsung mengubah keadaan sekitar. Sinarnya yang hangat pun langsung memberikan sentuhan kehangatan dikulit kami yang kedinginan. Panorama sunrise nya sangat indah dan membuat kami takjub. Kami pun tak lupa mengabadikan setiap momen yang indah ini.

Sunrise Pantai Ujung Batu

Pose di Pantai Ujung Batu

Panorama Sunrise Pantai Ujung Batu

Ada promo tiket pesawat buat ke Lombok nih! Gak cuma itu aja, bisa jalan-jalan hemat dengan booking hotel murah dan paket tour. Yuk siap-siap liburan!

Well, unfortunately, sunrise pagi itu di Pantai Ujung Batu tidak 100% sempurna karena agak sedikit mendung. But overall, meskipun tidak sempurna, kami tetap menikmati panorama sunrise yang sangat mempesona. Usaha kami yang cukup ‘melelahkan’ menuju spot sunrise ini pun tidak sia-sia. Semuanya terbayar lunas dengan keindahan sunrise Pantai Ujung Batu.

Cloudy Sunrise Pantai Ujung Batu

Matahari sudah semakin tinggi dan kami pun memutuskan untuk segera kembali ke Mataram. Dengan melewati jalur yang sama, kami pun mengendarai kendaraan kami dengan perasaan riang gembira dan bathin yang terpuaskan.

Itulah kisah perjalanan singkat kami berburu sunrise di Pantai Ujung Batu, salah satu spot sunrise yang menawan di Lombok. Kalau Ezytravelers berkunjung ke Lombok, maka spot keceh yang satu inj wajib dikunjungi.

Sekian!

(Visited 103 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Berburu Sunrise di Pantai Ujung Batu, Lombok Tengah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool