Taman untuk Nongkrong Asyik di Lombok (Part 1)

Taman untuk Nongkrong Asyik di Lombok (Part 1)
5 (100%) 1 vote

Taman Sangkareang

Berwisata di Lombok tidak cukup hanya dengan wisata kerajinan di Mataram Craft Centre saja atau wisata religi di Loang Baloq. Liburan di Lombok tidak lengkap rasanya jika tidak nongkrong sambil apa saja. Bisa di mana saja sebenarnya. Namun tidak ada salahnya jika bisa nongkrong di suatu tempat yang nyaman. Apalagi jika tempat tersebut representatif untuk Anda sekeluarga. Di kota Mataram sendiri, banyak pilihan tempat asyik untuk mengisi waktu liburan Anda. Tidak saja saat siang hari untuk sejenak melepas lelah. Bisa juga saat sore atau malam sambil menikmati keriuhan dan ingar-bingar kehidupan malam kota. Pilihan kembali pada diri Anda sendiri tentunya.

Dan, Taman Sangkareang Mataram bisa Anda sekeluarga jadikan pilihan.

Taman Sangkareang Lombok

Gerbang Utama Taman Sangkareang

Kenapa harus ke Taman Sangkareang?

Keberadaan sebuah taman kota merupakan salah satu jawaban atas kondisi majunya sebuah kota. Semakin maju kota, dampak negatif roda kehidupan pun tak bisa dihindarkan.

Taman Sangkareang Lombok

Bagian Kanan Depan Taman Sangkareang

Pembangunan taman kota sedikit banyak bisa berkontribusi dalam upaya menyeimbangkan pengaruh buruk lingkungan, terutama pencemaran udara. Terkait dengan dampak ini, Taman Sangkareang memang tetap bersinggungan dengan polusi. Keberadaannya di pusat pemerintahan kota Mataram menempatkannya di jalur transportasi yang sibuk. Meskipun demikian, keberadaan taman kota ini mampu menyeimbangkan dampak yang terjadi.

Taman Sangkareang Lombok

Bagian Kiri Depan Taman Sangkareang

Tak disangkal lagi. Deretan pepohonan berbagai ukuran yang tumbuh di hampir setiap bagian taman ini adalah kunci penyeimbangnya. Hal inilah yang membuat udara tetap segar di tengah-tengah pencemaran asap kendaraan.

Taman Sangkareang Lombok

Keteduhan di Bagian Depan Taman Sangkareang

Lokasinya yang strategis membuat taman kota ini mudah dijangkau. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, tak perlu repot. Anda tinggal bertanya kepada penduduk di sekitar Anda. Hampir semua penduduk kota Mataram tahu persis letak taman ini.

Hal lain yang menjadi alasan yaitu lengkapnya sarana dan prasaran pendukung yang menjamin kenyamanan Anda selama berada di taman ini. Apa sajakah itu? Banyak!

    1. Fasilitas Bermain untuk Anak. Di taman yang dibangun tepat di sebelah utara lapangan umum Mataram ini, terdapat setidaknya empat buah mainan anak. Untuk memudahkan penjangkauan dan pengawasan oleh orang tua, fasilitas ini dibangun di samping kanan pintu masuk. Keberadaan ini merupakan jaminan dari pemerintah kota Mataram atas pemenuhan hak anak, khususnya hak untuk mengekspresikan dirinya. Hal ini juga merupakan wujud kepedulian pemerintah kota Mataram sebagai kota layak anak;
Taman Sangkareang Lombok

Area Bermain Anak-anak di Taman Sangkareang

    1. Taman Bacaan. Di bagian sudut kanan area taman, terdapat sebuah bangunan menyerupai musala. Anda akan mengetahui nama bangunan ini ketika membaca deretan tulisan yang ada di depannya. Ini adalah sebuah taman bacaan yang biasa dimanfaatkan orang-orang untuk berbagi ilmu pengetahuan;
Taman Sangkareang Lombok

Taman Bacaan di Taman Sangkareang

    1. Sarana Toilet Umum. Tak jauh dari taman bacaan, terdapat toilet umum yang cukup bersih dan layak pakai. Hal ini menjadi jaminan kenyamanan Anda dalam mengeksplorasi setiap sudutnya;
Taman Sangkareang Lombok

Tampak Luar Toilet Umum Taman Sangkareang

    1. Sarana Kebersihan. Di taman yang di tengah-tengahnya terdapat air mancur yang menyala warna-warni saat malam hari ini, kebersihan menjadi prioritas nomor satu. Di beberapa sudut terdapat tong sampah yang bisa digunakan untuk membuang sampah. Kembali kepada kesadaran pengunjung tentunya, mau buang sampah pada tempatnya ataukah sembarangan saja;
Taman Sangkareang Lombok

Tong Sampah di Salah Satu Sudut Taman Sangkareang

    1. Sarana Olahraga. Sarana yang ada di taman ini berupa jalan berputar-putar dan melingkar dari semen dengan kombinasi batu sikat warna-warni. Kondisi permukaan jalan setapak yang kasar bisa dijadikan sarana olahraga, yaitu berjalan kaki. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh orang-orang tua pada saat sore hari. Tidak menutup kemungkinan, Anda yang masih muda juga bisa melakukan hal yang sama;
Taman Sangkareang Lombok

Sarana Jalan Sehat di Taman Sangkareang

    1. Sarana Hiburan. Untuk mendukung penyelenggaraan hiburan malam di lapangan umum Sangkareang, di bagian selatan taman ini dibangun sebuah panggung permanen. Keberadaan panggung ini sangat mendukung kesuksesan event yang sedang berlangsung;
Taman Sangkareang Lombok

Panggung Utama Taman Sangkareang

    1. Sarana dan Prasarana Lain. Mengingat taman ini menjadi satu dengan lapangan umum, pemerintah kota Mataram sengaja melengkapinya dengan area parkir yang luas. Bukan itu saja. Pelataran bagian utara pun dibuat sangat luas. Didukung dengan keteduhan pohon-pohon besar berusia tua, pengunjung akan sangat dimanjakan untuk terus menapak atau sekadar duduk bercengkerama dengan teman-teman Anda.
Taman Sangkareang Lombok

Bangku Duduk Taman Sangkareang

Keunggulan dari taman kota ini selain lokasi di pusat kota, juga keberadaan pedagang kuliner khas Lombok yang akan memanjakan lidah Anda. Selain itu, taman yang menjadi pilihan utama tempat nongkrong anak muda Lombok ini berada dekat dengan beberapa hotel dan penginapan. Sebut saja Hotel Santika di sebelah utara, hotel Arianz dan Giri Putri di sebelah selatan taman. Tentu ini adalah nilai plus, karena memudahkan bagi Anda pengunjung dari luar Lombok.

Hotel Arianz Mataram

Hotel Arianz Mataram

Hotel Giri Putri Mataram

Hotel Giri Putri Mataram

Jadi, bagaimana?

Nongkrong asyik di Lombok tidak harus mahal, kan? 🙂

(Visited 2,485 times, 1 visits today)


About

Seorang pencinta formula fisika, gejala alam semesta, dan rangkaian aksara yang cinta mati dengan serpihan surga di bumi -- pulau Lombok.


'Taman untuk Nongkrong Asyik di Lombok (Part 1)' have 1 comment

  1. July 21, 2015 @ 2:01 am andyhardiyanti

    sayangnya taman bermain ini tidak terawat. seperti perosotannya, pada berlubang disana sini. parahnya lagi lubangnya cukup besar dan bisa membahayakan si anak. kalau main kesini, anak saya palingan main di ayunan yg panjang saja yg kondisinya lebih baik dari permainan yg lain.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool