Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit, Pesona Terindah di Ujung Pulau Lombok

Tanjung Ringgit, Pesona Terindah di Ujung Pulau Lombok
5 (100%) 1 vote

Lombok tidak akan ada habisnya menawarkan keindahan. Di setiap sudutnya adalah surga, seperti Tanjung Ringgit yang berada di ujung tenggara pulau cantik ini.

Tidak hanya Uluwatu di Bali yang menawarkan tebing-tebing eksotis dan memanjakan para pengunjung. Lombok juga punya! Ini dia Tanjung Ringgit yang memakan waktu tiga jam perjalanan untuk sampai di kawasan ini dari Kota Mataram.

Tanjung Ringgit

Tebing-tebing yang Kokoh

Tanjung Ringgit adalah lautan lepas di Samudera Hindia. View Pulau Sumbawa sangat jelas terlihat dari sini, banyaknya tanjung dengan tebingnya yang eksotis, pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru, menjadi daya tariknya. Selain itu, Tanjung Ringgit adalah saksi bisu dan memiliki situs sejarah peninggalan dari masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia.

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit

Dari sekian banyaknya keindahan yang ada Tanjung Ringgit, ada beberapa keunikan yang kita bisa temui di sini, lho. Turun dari perbukitan menuju laut tidaklah susah. Ada lorong yang bisa menembus perbukitan. Dari sana kita bisa turun ke laut dengan melewati anak tangga dari lorong itu. Jalannya agak sedikit curam maka berhati-hatilah karena tiupan angin sangatlah kencang.

Setelah berada di bawah, kita bisa melihat lebih dekat adanya sumur air tawar yang berada tepat di bawah dinding tebing. Ya, ada sumur air tawar di tepi pantai. Unik!

Sumur Air Tawar

Penampakan Sumur Air Tawar

Di kawasan ini juga ada pohon bernama Pohon Surga. Diberi nama Pohon Surga karena hanya ada satu pohon di tempat ini. Di pohon inilah pengunjung bisa berteduh dikala panas terik atau hujan. Dari sini juga kita bisa menikmati pemandangan Tanjung Ringgit yang luar biasa indah.

Tanjung Ringgit

Pohon Surga

Di dinding tebing sebelah barat, yang termasuk tanjung yang paling eksotis, banyak lukisan yang terbuat dari rumput-rumput yang tumbuh di dinding tebing tersebut. Panorama ini seolah membawa kita dalam suasana di belahan dunia yang berbeda, padahal kita masih berada di Indonesia.

Uniknya, coba perhatikan pasir dan terumbu karang yang muncul di lautan Tanjung Ringgit, kita bisa menemukan dan melihat lafadz Allah, silahkan dibuktikan!

Selain keunikannya, kita di sini juga bisa berwisata sejarah. Bukti fisik peninggalan Belanda dan Jepang masih bisa kita temukan di sini, seperti mercusuar peninggalan Belanda yang masih aktif sampai sekarang ini. Mercusuar ini sempat roboh diterjang badai, tapi tidak lama kemudian direnovasi oleh pemerintah terkait. Menurut masyarakat yang menemani kami, dulunya Tanjung Ringgit adalah wilayah pertahanan Belanda dan Jepang di wilayah selatan. Di sini sebenarnya ada dua buah Meriam Jepang, hanya saja meriam yang satu itu sudah dicabut oleh orang yang paling berpengaruh di wilayah itu dan disimpan di sebuah tempat rahasia.

Tanjung Ringgit

Mercusuar Peninggalan Belanda

Selain itu, juga ada parit-parit pertahanan yang sekarang sudah ditumbuhi semak belukar. Yang paling membuat penasaran, adalah gundukan tanah di sekitar Meriam dengan dua jendela yang berada di permukaan tanah. Mungkin, di bawah gundukan ini ada bangunan megah yang tertimbun, siapa tau bangunan yang tertimbun ini dulunya adalah pusat pertahanan yang dibuat oleh Belanda kemudian diambil alih oleh Jepang.

Meriam Peninggalan Jepang

Meriam Peninggalan Jepang

Berlanjut ke arah selatan, letaknya di ujung bukit kedua, terdapat gua yang sangat indah dan masih menganga. Namanya Goa Raksasa, goa ini juga digunakan oleh Jepang sebagai benteng pertahanan. Goa ini bisa tembus ke ke laut, sayangnya kami tidak bisa masuk jauh lebih dalam karena terkendala alat.

Goa Raksasa

Goa Raksasa

Ya, hal ini dikarenakan semakin dalam goa yang indah itu semakin gelap. Saat ini, menurut masyarakat sekitar, di dalam goa tersebut ada kolam air tawar yang seringkali digunakan untuk mandi oleh pengunjung.

Dong Ayok ke Lombok!

(Visited 595 times, 1 visits today)


About

Kadal Nongak leq Kesambik, Benang Katak Setakilan… Aduh Denda ~


'Tanjung Ringgit, Pesona Terindah di Ujung Pulau Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool