teater-tradisional-lombok

Legenda Cupak Gurantang, Teater Tradisional Lombok Yang Masih DIgemari

Vote Us

Ayo ke Lombok! Malam minggu yang cukup mengasyikkan. Saya dan beberapa teman telah menikmati beberapa musikalisasi puisi yang dibawakan oleh beberapa seniman dan juga beberapa pembaca puisi. Saya sangat menikmatinya. Terlebih ada juga pertunjukan teater pendek yang membuat saya semakin betah melihat ke arah panggung. Oia, saya jadi teringat teater tradisional Lombok.

Ke kota Mataram, bermalam saja di Maktal Hotel!

teater-tradisional-lombok

Saya pernah mendengar dari seorang kawan, bahwa Lombok memiliki cerita rakyat yang masih sangat digemari. Cupak Gurantang, legenda rakyat yang juga dikenal dengan sebutan Gerantang. Menurut informasi, cerita rakyat ini adalah karya sastra lama yang ditulis pada lontar menggunakan Bahasa Sasak. Di Lombok cerita ini berkembang menjadi seni teater tradisional.

Ternyata banyak kelompok-kelompok teater tradisional Lombok yang lebih sering memainkan unsur-unsur drama legenda Cupak Gurantang dibandingkan legenda lain seperti Mandalika ataupun Cilinaya. Cupak Gurantang sendiri menceritakan tentang perjuangan hidup. Legenda yang melukiskan tentang dua sifat yang ada dalam diri manusia, baik dan buruk.

teater-tradisional-lombok

Tokoh Gurantang merupakan seorang yang hidup dengan kebaikan, kejujuran dan kesabaran yang luar biasa ketika menghadapi banyak cobaan hidup. Pada akhirnya akan mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya. Sedangkan tokoh Cupak, merupakan seorang yang memiliki sifat buruk, tamak dan licik. Yang juga pada akhirnya bernasib buruk dan hidupnya tidak bahagia.

Dalam teater tradisional Lombok, Cupak Gurantang selalu ditampilkan dengan naskah teater kemasan drama humor. Mungkin ini salah satu yang membuat legenda ini masih digemari oleh masyarakt Lombok. Setiap pementasan legenda ini selalu mengundang gelak tawa para penonton.

teater-tradisional-lombok

Setelah mencari info lebih dalam tentang teater tradisional Lombok, ternyata ada kelompok teater tradisional yang masih memainkan legenda Cupak Gurantang pada setiap pementasan. Seperti Sanggar Sekar Toya Mandala, di Pada Mangko, Desa Bayan, Lombok Utara. Nah, kalau dari bandara Internasional Lombok nih, kalian bisa menggunakan bis Damri sampai ke Senggigi, sesampainya di sana bisa merental motor atau memakai angkot ke arah desa Bayan.

Sanggar Segar Toya Mandala merupakan kelompok teater tradisional Lombok yang cukup tua. Saat ini merupakan generasi ketiga. Legenda Cupak Gurantang ini adalah sastra lisan yang dimainkan dengan kepiawaian pemain dengan improvisasi sebagai kemampuan dasar yang wajib dimiliki pemainnya.

teater-tradisional-lombok

Pemain yang kebagian peran penting tokoh-tokoh seperti Cupak, Gurantang, dan Raksasa mempelajari dialog bukan hanya dari naskah, melainkan dari pengalaman menonton lakon yang biasa mereka lihat. Tidak sembarang orang bisa memerankan lakon dari tokoh-tokoh penting tersebut. Mereka yang terpilih merupakan orang yang setia mengikuti perjalanan sanggar, sehingga mampu menjiwai tokoh yang diperankan.

Untuk dua tokoh penting lainnya sepeti Prabu dan Patih, harus orang yang memiliki kemampuan membaca lontar. Karena akan meminta ijin pada tokoh-tokoh aslinya yang dianggap ada pada zaman dahulu. Dulu pentas teater tradisional ini bisa memainkan Cupak Guntarang pada waktu sore sampai malam, namun sekarang hanya dua sampai tiga jam saja. Tapi inti ceritanya masih sama.

teater-tradisional-lombok

Cupak Gurantang merupakan salah satu dari cerita rakyat suku Sasak yang harus tetap dilestarikan. Tentu saja, dengan tetap menjaga eksistensi dari teater tradisional Lombok yang semakin terkikis oleh kemajuan dan perkembangan dari zaman.

Dengan adanya sanggar-sanggar atau kelompok-kelompok teater tradisional Lombok yang masih bertahan sampai saat ini seperti sanggar Sekar Toya Mandala. Ini juga harus didukung oleh pemuda-pemudi sebagai regenerasi agar tetap ada sebagai kesenian tradisional yang menjadi kekayaan dari budaya Indonesia.

Buruan langsung terbang ke Lombok! Booking hotel murah & Tiket pesawat Jakarta Lombok. Wow! Ada paket tour murah juga untuk Ezytravelers.

Buat kalian yang suka banget traveling, ada baiknya memang nih traveling tidak hanya karena destinasi wisatanya yang keren ataupun wisata kulinernya. Sesekali kalian ezytraveler bisa mencoba traveling dengan sensasi berbeda, wisata budaya misalnya. Selain berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, kalian bisa mencari tahu budaya-budaya daerah, tempat yang sedang dikunjungi.

Bayangkan saja, banyak sekali oleh-oleh cerita yang bisa kalian bawa pulang. Mulai dari destinasi wisata yang kece, wisata kuliner yang enak, dan tentu saja dengan tradisi budaya yang unik disetiap daerahnya. Kapan kalian ke Lombok? Di sini banyak sekali lho budaya Lombok yang bisa kalian nikmati sekaligus dipelajari. Sssttt… Jangan lupa, buang sampahmu pada tempatnya! Selamat Hari Buku dan Selamat Hari Bumi, ezytraveler.

Salam Cihuy~

tiket mudik murah

(Visited 53 times, 1 visits today)


About

Simply Complicated


'Legenda Cupak Gurantang, Teater Tradisional Lombok Yang Masih DIgemari' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool