Gili Trawangan

Tertawan di Gili Trawangan

Tertawan di Gili Trawangan
4.5 (90%) 2 votes

Siapa yang tidak kenal Gili Trawangan, pulau yang berada di Lombok Utara ini sudah tekenal sampai keseluruh dunia. Memang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) banyak menawarkan wisata bertarif murah di pulau-pulau kecil yang salah satunya adalah Gili Trawangan ini. Gili Trawangan merupakan salah satu dari tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik. Gili Trawangan terletak paling ujung barat Gili Meno dan Gili Air. Konon katanya pulau ini masuk dalam lonely planets top region versi sebuah majalah travel internasional karena ketenangan dan pemandangan bawah lautnya yang keren.

Gili Trawangan

Gili Trawangan saat siang hari.

Perjalanan menuju Gili Trawangan bisa ditempuh melalui dua jalur yaitu jalur Pusuk dan Jalur Senggigi. Kedua jalur ini menawarkan suasana dan panorama perjalanan yang berbeda-beda. Pusuk yang berarti puncak merupakan perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara. Disini tedapat hutan lindung dengan bukit hijau hingga kita bisa menghirup udara bersih dan menyegarkan. Selain itu Pusuk menjadi persinggahan para turis asing maupun lokal sebelum menuju ke Gili untuk menyaksikan tingkah lucu segerombolan monyet yang hidup berkeliaran di kawasan hutan pusuk. Perjalanan di kawasan wisata pusuk melalui jalan yang berkelok-kelok bagai ular-ularan. Disini motor maupun mobil harus mengurangi kecepatannya dan berhati-hati saat melintasi jalan.

Sementara bagi yang ingin melihat pemandangan yang berbeda, jalur Senggigi bisa menjadi pilihan bagi yang tertarik melihat pemandangan indahnya pantai sepanjang perjalanan menuju Gili. Indahnya pantai dan perbukitan akan menemani perjalanan. Pantai Senggigi, Malimbu, Klui, Pandanan dan sederet pantai-pantai indah lainnya di Utara Lombok ini akan memanjakan mata dalam perjalanan menuju Pelabuhan Bangsal, pelabuhan yang melayani penyebrangan ke Gili yang ditempuh kurang lebih selama 45 menit dari pusat Kota Mataram. Bagi saya sendiri, melakukan perjalanan ke Gili trawangan terasa lebih menyenangkan melewati deretan pantai yang rasanya tidak pernah bosan untuk memandanginya berkali-kali.

Pantai Malimbu

3 Gili bisa terlihat dari Pantai Malimbu.

Dalam waktu sekitar 20 menit perahu mendarat di Gili Trawangan setelah melakukan perjalanan menggunakan public boat dari Pelabuhan Bangsal. Selain menggunakan public boat wisatawan juga bisa mengunakan private boat yang tarifnya lebih mahal dibandingkan dengan public boat. Kapal-kapal penyebrangan umum di sini beroprasi mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, tergantung pada jumlah penumpangnya juga, minimal 20 orang penumpang pada masing masing kapal barulah kapal bisa berangkat.

Dermaga Gili Trawangan

Sejumlah wisatawan saat tiba di dermaga Gili Trawangan.

Birunya air laut dan pasir putih terbentang setibanya di Pulau kecil yang terkenal dengan Party Island ini. Mobil dan motor dilarang di Gili Trawangan untuk memberikan suasana pulau yang damai dan tenang. Kalau mau menjelajahi pulau ini kita bisa menggunakan sepeda dengan membayar Rp.50.000 per harinya. Ada juga cidomo yaitu serupa delman yang merupakan alat transportasi khas Lombok dengan tarif yang lumayan mahal yaitu 1 kali keliling Gili Trawangan berkisar antara Rp75.000 – Rp100.000 dengan jumlah penumpang yang memuat hingga 6 orang. Nah cidomo disini jumlahnya banyak, jadi buat pejalan kaki mesti hati-hati kalo tidak mau diseruduk sama kuda.

Cidomo

Cidomo, alat transportasi khas Lombok.

Gili Trawangan

Saat mengelilingi Gili Trawangan, bakal banyak spot-spot kece untuk berfoto.

Mengelilingi Gili Trawangan tidak memakan waktu yang lama. Panjang Gili Trawangan 3 km dan lebar 2 km, sehingga memungkinkan untuk bisa mengelilingi pulau ini hanya dalam waktu beberapa jam saja. Saat berkeliling, Banyak hal unik disini diantaranya yang paling menarik perhatian saya adalah tulisan-tulisan yang terpampang pada papan-papan iklan atau nama-nama tempat disini banyak yang typo atau salah tulis, ada yang grammar-nya tidak sesuai, ada juga tulisan-tulisan nyeleneh dan lucu. Entah karena memang sengaja atau tidak. Tapi hal ini cukup menghibur saat menjelajah Gili Trawangan. Selain itu, saat berkeliling di Gili Trawangan, kita bakal menemukan deretan restoran, bar dan penginapan berjajar di sepanjang jalan. Sebagian besar penginapan mengadopsi arsitektur rumah adat sasak dengan bangunan yang didominasi oleh kayu. Biaya penginapan bervariasi, berkisar antara Rp.100.000 hingga jutaan rupiah per malam.

Gili Trawangan

Banyak qoutes lucu dan unik terpampang di Gili Trawangan.

Gili Trawangan

Tulisan-tulisan lucu di Gili Trawangan.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gili Trawangan. Selain berjalan-jalan mengitari Gili Trawangan, Aktivitas yang mainstream saat siang adalah berjemur di pinggir pantai, berenang, diving, bermain jet ski serta snorkeling. Sementara saat sore hari, spot sunset point menjadi tujuan favorit untuk menikmati cantiknya matahari terbenam saat menjelang senja. Saat malam hari, Gili Trawangan berubah menjadi Party Island. Beberapa tempat disini memang secara bergantian menggelar party hingga pagi bagi para pengunjungnya. Night live di Gili Trawangan memang merupakan salah satu hal yang paling dicari-cari disini.

Sunset Gili Trawangan

Suasana matahari terbenam di sunset point Gili Trawangan.

Sunset Gili Trawangan

Suasana saat sunset di Gili Trawangan.

Bagi yang tidak terlalu suka dengan bisingnya party bisa mencoba menepi dari kehidupan malam di Gili Trawangan, salah satunya dengan menyepi di dermaga atau pinggir pantai yang spotnya enak buat nongki-nongki cantik. Jauh dari keramaian spot party, saat malam hari pemandangan begitu indah dan tenang. Duduk di pinggir pantai sembari memandang lampu-lampu pulau seberang ditemani musik alam yaitu deburan ombak dan jika beruntung milkyway di langit Gili Trawangan juga akan menambah suasana epik menyepi disini.

Gili Trawangan

Menepi dari party di Gili Trawangan.

(Visited 816 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Tertawan di Gili Trawangan' have 2 comments

  1. June 14, 2015 @ 2:01 pm eliyan

    The famous Gili T, meski mainstream tetep jadi favorit! 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool