Gili Kesun

Tertegun Keindahan Gili Kesun Lombok Barat

Tertegun Keindahan Gili Kesun Lombok Barat
5 (100%) 1 vote

Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Lombok juga memiliki objek wisata alam lain yang tak kalah indahnya. Ada ratusan pulau-pulau kecil yang disebut Gili yang tersebar di Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Timur. Gili Tramena atau Gili Matra atau Tiga Gili pasti sudah familiar di telinga wisatawan yang sering berlibur ke Lombok. Iya itu singkatan dari 3 (tiga) gili yang sangat terkenal di Kawasan Pemenang Kabupaten Lombok Utara (KLU) yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ratusan gili di Lombok tersebut ada yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Gili yang paling populer ya Gili Tramena itu khususnya Gili Trawangan yang sangat ramai di waktu musim liburan.

Gili Nanggu

Gili Nanggu – Sekotong

Bagi wisatawan yang pengin menikmati suasana baru dalam mengunjungi gili-gili indah, saya sarankan one day trip ke Gili Kesun. Tumben dengar ya nama gili ini? Versi resminya seh Kawasan Gitanada alias Gili Tangkong, Gili Nanggu, dan Gili Sudak (ditambah Gili Kedis) yang terletak di Kawasan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Karena kesannya kurang terdengar gaul di telinga maka saya ganti menjadi Gili Kesun yaitu Gili Kedis, Gili Sudak, dan Gili Nanggu. 3 (tiga) gili yang masuk dalam Gili Kesun inilah yang saya akan bahas dan sangat yakin membuat wisatawan tertegun dengan keindahannya…

Gili Nanggu

Selamat datang di Gili Nanggu

Gili Nanggu. Rute dari Mataram – Lembar – Sekotong bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan kondisi jalan raya mulus hotmix. Menuju Gili Kesun harus menyeberang laut, bisa melalui Lembar (Rp350rb/boat), Batukijuk / Goa Landak / Tawun (Rp230rb/boat). 1 boat pulang pergi memuat 6-7 orang penumpang. Di antara ketiga Gili Kesun, Gili Nanggu lah yang paling lengkap fasilitasnya. Ada hotel dengan kisaran harga kamar maksimal Rp500rb per malam dengan view menghadap pantai. Pulau kecil seluas 12,5 Ha ini memiliki pemandangan alam yang sangat membuat kita tak ingin meninggalkannya dan sangat rekomended bagi yang butuh ketenangan. Pasir putih, air laut bening, terumbu karang beraneka macam, ikan-ikan yang jinak, penangkaran penyu, rimbun pepohonan mirip hutan di bagian tengah pulau dan gugusan gili-gili lain di sekeliling Gili Nanggu menambah eksotismenya.

Gili Nanggu

Sisi depan Gili Nanggu

Gili Nanggu

Panorama Gili Nanggu

Gili Nanggu

Aktivitas di Gili Nanggu – Swim and Sunbath

Sehingga tak salah para wisatawan menyebut Gili Nanggu sebagai Paradise Island! Gili Nanggu merupakan Kawasan Konservasi Perairan Berbasis Wisata dengan harga tiket masuk Rp5rb/orang. Aktivitas yang bisa dilakukan di gili ini antara lain berenang, snorkeling sambil memberi makan serpihan roti kepada ikan-ikan jinak, main ban atau kano, jalan kaki keliling pulau (20 menitan), atau sekedar duduk-duduk santai di berugak-berugak yang disediakan oleh pengelola.

Gili Sudak. Puas menikmati suasana Gili Nanggu, mari kita melanjutkan perjalanan ke gili yang kedua yaitu Gili Sudak. Waktu tempuh penyeberangan dengan kapal boat dari Gili Nanggu ke Gili Sudak sekitar 10 menitan. Gili Sudak sering disebut gili persinggahan karena di sini terdapat restoran dan warung dengan menu spesial ikan bakar dan es kelapa muda yang bisa disinggahi untuk santap siang. Salah satu warung sederhana dengan pemiliknya bernama Bik Marni bisa menjadi tempat makan siang yang terjangkau bagi kantong wisatawan dengan pilihan menu di atas. Dengan mengeluarkan biaya Rp60rb/orang kita bisa menikmati menu nasi, ikan bakar dan es kelapa muda. Satu lagi tempat makan siang bagi yang memiliki budget lebih yaitu di restoran yang menyuguhkan menu seafood lebih beragam.

Gili Sudak

Selamat datang di Gili Sudak

Gili Sudak

Bermain kano di Gili Sudak

Aktivitas berenang, snorkeling atau main kano juga bisa dilakukan di Gili Sudak. Air laut yang bening, dasar laut yang dangkal ditunjang dengan pemandangan alam yang sangat indah membuat wisatawan betah berlama-lama di sini. Capek main air dan lapar lagi, tinggal pesan makanan dan minuman lagi. Setelah itu silahkan leyeh-leyeh lagi 🙂

Gili Kedis. Berperahu sekitar 5 menit dari Gili Sudak. Gili Kedis adalah sebuah pulau kecil yang berukuran seluas lapangan sepak bola yang dikenal dengan Private Island dan Romantic Island. Ya jika berada di Gili Kedis seakan-akan pulau kecil ini milik pribadi dan sangat romantis jika menghabiskan waktu bersama pasangan menikmati keindahannya. Gili Kedis menawarkan sisi kesunyian bagi yang ingin menjauhkan diri dari hiruk pikuk rutinitas pekerjaan di kota. Sebuah berugak di tengah pulau dengan dikelilingi pasir putih, air laut yang super bening, dasar laut yang dangkal dengan deretan terumbu karang beraneka ragam yang sangat cantik, batu karang yang menjorok ke laut membuat kita akan sepakat bahwa benar Gili Kedis indahnya sadis!

Gili Kedis

Selamat datang di Gili Kedis

Gili Kedis

Puas narsis di Gili Kedis

Snorkeling di Gili Kedis

Snorkeling dan tidur di ‘kasur air’ – Gili Kedis Sekotong

Waktu seakan berhenti saat kita berada di Gili Kedis ini. Mata tak berkedip melihat salah satu ’surga’ di bumi, dimana wisatawan bisa berenang santai sambil mengapung seolah-olah sedang tidur di ‘kasur’ air, snorkeling mengelilingi perairan sekitar gili, foto-foto narsis bersama teman, keluarga maupun pasangan dengan latar keren, duduk-duduk santai sambil ngobrol di berugak atau di pasir putihnya dan mendirikan tenda jika ingin menginap.

Bagaimana? Sudah puas menikmati keindahan Gili Kesun (Kedis, Sudak, Nanggu) dalam one day trip?

Saya yakin 3 (tiga) gili di Kawasan Sekotong Lombok Barat ini akan menyaingi kepopuleran 3 (tiga) gili di Kawasan Pemenang Lombok Utara. Satu hal yang pasti, Lombok itu indah!

Dong Ayok Ke Lombok!

Gili Kedis

Dong Ayok Ke Lombok!

(Visited 1,270 times, 1 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Tertegun Keindahan Gili Kesun Lombok Barat' have 2 comments

  1. May 26, 2015 @ 9:04 am depz

    nanguuuuuu
    ajibbbbb
    🙂

    Reply

  2. February 10, 2016 @ 5:34 pm ElementMTB

    lombok memang Top deh,,,jadi pingin ngegowes disana lagi 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool