Tiu Kelep Lombok, Sensasi Air Terjun Megah nan Cantik!

Tiu Kelep Lombok, Sensasi Air Terjun Megah nan Cantik!
5 (100%) 1 vote

Setiap destinasi wisata punya keunikannya masing-masing. Setiap traveller pun pasti punya ekspektasi tentang apa yang akan diperolehnya saat mengunjungi destinasi wisata tertentu. Ditambah lagi semakin mudahnya urusan booking Tiket Pesawat, just one click away and you’re ready to fly! 

Jika wisata pantai menawarkan kedamaian lewat biru air dan indahnya pemandangan bawah laut, maka wisata gunung bisa jadi menawarkan pendakian yang menantang dan pemandangan menakjubkan.

Bagaimana dengan wisata air terjun?

Salah satu jawaban terbaik yang pernah saya dapatkan berasal dari adik saya sendiri. Menurutnya, sensasi paling menakjubkan dari air terjun adalah suara air yang jatuh dari ketinggian dan percikan airnya yang membasahi tubuh. Perpaduan keduanya adalah harmoni alam yang sangat indah. (okey, sampai disini saya merasa jawabannya menjadi sangat puitis..hehe).

waterfall-welfie time :)

waterfall-welfie time 🙂

Nah! Jika anda adalah penyuka wisata air terjun atau ingin merasakan lebih dalam makna dari filosofi keindahan air terjun, maka Lombok punya beragam pilihan. Aslik, Lombok tidak hanya punya pantai, gili, atau gunung, tapi juga air terjun. Pilihan saya kali ini jatuh pada wisata air terjun rekomendasi adik saya, TIU KELEP, di desa Senaru, Lombok Utara.

Yuhuuu... menuruni yangga menuju Sendang Gila

Yuhuuu… menuruni yangga menuju Sendang Gila

Air terjun Tiu Kelep berada di Desa Senaru. Jika kesini anda akan terlebih dahulu melewati air terjun Sendang Gila yang nggak kalah gilanya! Iya, keduanya memang masih berada di satu area dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Airnya pun diyakini bersumber dari Danau Segera Anak, Gunung Rinjani.

Untuk sampai ke Desa Senaru dari Kota Mataram butuh waktu sekitar 3 jam. Anda cukup mengikuti jalur umum melalui pucuk pass sampai ke Desa Senaru dan menemukan plang penunjuk lokasi wisata air terjun. Dengan tiket masuk seharga Rp. 5.000 anda sudah bisa menikmati keindahan dua air terjun sekaligus. Lombok kurang keren apa coba?

Menuju Sendang Gila anda cukup menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan. Dalam hitungan 10-15 menit anda sudah sampai tujuan. Sampai disini, trek yang anda lalui masih cukup mudah.

Haphap..welfie lagi di tangga menuju Sendang Gila

Haphap..welfie lagi di tangga menuju Sendang Gila

Untuk sampai di Tiu Kelep anda masih harus melanjutkan perjalanan melewati kawasan hutan, ada aliran sungai kecil yang arusnya cukup deras dan jalur berbatu yang sedikit terjal. Butuh waktu sekitar 15-20 menit untuk sampai ke tujuan tergantung kecepatan langkah kaki anda.

Trek menuju Tiu Kelep

Trek menuju Tiu Kelep

Sungai yang harus dilewati untuk sampai di Tiu Kelep

Sungai yang harus dilewati untuk sampai di Tiu Kelep

Your hard work will be paid off!

Apa keunikan Tiu Kelep dibandingkan air terjun lainnya?

Yuhuuuu..this is it! Tiu Kelep yang wah megahnya

Yuhuuuu..this is it! Tiu Kelep yang wah megahnya

Salah satunya adalah debit airnya yang deras dan didukung oleh tingginya yang mencapai lebih dari 40 meter. Masih menurut adik saya, ada kesan megah, wah, saat kita berada di Tiu Kelep, seperti menciut dibalik kemegahannya. Nama Tiu Kelep sendiri berarti “Kolam Terbang” yang berasal dari sensasi percikan air yang tampak seperti buih-buih yang beterbangan. Megah dan sangat cantik!

Kolamnya asyik buat melepas lelah dengan berendam

Kolamnya asyik buat melepas lelah dengan berendam

Pose favorit! Airnya sejuuuk..

Pose favorit! Airnya sejuuuk..

Jika ingin sekedar berendam dengan aliran air yang lebih tenang, cukup menjauh sedikit saja dari derasnya curahan air Tiu Kelep, kolam penampung airnya cukup dangkal, sehingga sangat cocok untuk berendam melepas lelah. Berfoto narsis dengan latar bebatuan dan hijaunya pepohonon pun menimbulkan kepuasan tersendiri. Karena disini tidak ada warung, maka bawalah bekal yang cukup, dan yang paling penting jangan lupa membawa kembali sampahnya 🙂 Jangan lupa bawa bekal yang cukup dan bawa kembali sampahnya.

Pose kayak gini? bolelahh untuk koleksi couple :D

Pose kayak gini? bolelahh untuk koleksi couple 😀

Ada si-monkey yang bisa ditemui sepanjang perjalanan menuju air terjun ini. Boleh berbagi makanan ya!

Ada si-monkey yang bisa ditemui sepanjang perjalanan menuju air terjun ini. Boleh berbagi makanan ya!

Tunggu apalagi, consider this beautiful spot for your next travel ideas!

 

(Visited 449 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Tiu Kelep Lombok, Sensasi Air Terjun Megah nan Cantik!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool