Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Trekking Komplit di TWA Kerandangan Lombok Barat

Vote Us

Masa kuliah emang nggak bakal seru kalau cuma dihabiskan dengan aktivitas kuliah-pulang, kuliah-pulang. Mau di luar daerah, luar negeri, atau di Lombok, masa-masa kuliah kita pasti dipenuhi kenangan yang selalu menyenangkan untuk diingat kembali. Jika harus menyebut satu hal yang paling bisa dikenang dari masa perkuliahan, maka jawaban saya adalah “jalan-jalan”. Jalan-jalan khusus ala mahasiswa MIPA Biologi. (Well, kamu yang saat ini sedang berkutat di jurusan yang sama, you know what I mean, right? :D).

Tongkrongan mahasiswa biologi emang nggak pernah jauh dari yang namanya laboratorium, hutan, laut, dan gunung. Belum lagi setumpuk laporan praktikum yang menyita jatah malam Minggu. Iya, ini serius.

Berkutat selama lebih dari 4 tahun di jurusan biologi bakal bikin kamu tangguh dan mandiri. Seriously! Ditambah lagi, sepertinya, jurusan Biologi juga yang menggiring saya untuk mencintai alam alias suka jalan-jalan, hehehe. Di kampus sudah ada daftar tempat-wajib-kunjung, bagi kami-kami yang memilih jalur ekologi. Salah satunya adalah Taman Wisata Alam (TWA) Kerandangan di Senggigi, Lombok Barat. Tambahan penghuni hutan ini adalah para mahasiswa yang mengambil penelitian keanekaragaman tumbuhan, pengamatan burung, kera, sampai jamur. Lombok kaya, man! Dan teman-teman saya, mahasiwa/i tangguh yang jatuh cinta pada alam benar-benar mengeksplorasi kawasan hutan ini sebagai laboratorium mereka. Salut!

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok terletak di kawasan wisata Pantai Senggigi, tepatnya di desa Batu Layar. So, it’s very close to the city, Mataram! Kita akan melewati kompleks perkampungan sebelum sampai di pintu utama Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok.

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Main gate! (Photo: Pena Qomarul Huda)

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Tim tangguh sebelum menyusur hutan

What’s special about this place?

Tenang, tempat ini bukan cuma wahana “rekreasi”-nya anak Biologi. Pecinta trekking, wisata hutan, sampai pemburu air terjun juga bisa banget mengeksplorasi tempat ini. Komplit!

Tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp.5.000 di hari kerja dan Rp.7.500 saat weekend. Untuk wisatawan asing, tiketnya Rp.100.000 weekdays dan Rp.150.000 weekend. Let’s start the adventure!

Dari pos utama, perjalanan dimulai dengan melewati jalan setapak dengan nuansa hijau di kiri-kanan pastinya. Semakin ke dalam, hawa hutan semakin terasa, ditambah lagi suara burung yang meramaikan suasana. Jika beruntung, kera ekor panjang dan kupu-kupu cantik akan muncul menemani kita sepanjang perjalanan.

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

The beginning

Berjalan sekitar 1 km kita akan sampai di sungai berbatu. Ada beberapa batu besar yang cukup kece untuk spot foto dengan background pepohonan hijau.

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Saban kesini, selalu kebagian sungai yang sedang kering

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Kalau beruntung, sungainya bisa sekece ini

Sampai di sini, jika sudah lapar, kita bisa piknik cantik sambil menikmati bekal. Saat musim kemarau, sungai ini akan mengering, menyisakan hanya bebatuan saja.

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Keliatan kan bebatuannya? Kering kemarau..

Fyi, Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok yang luasnya kurang dari 400 Ha (approximately 390 Ha) ini, ketinggiannya mencapai angka 600an mdpl. So, di beberapa bagian, kita memang akan menemukan trek yang sedikit bergelombang dan menanjak. Kind of very soft trekking..hehe.

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Keliatan kan bebatuannya? Kering kemarau..

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Well, the track like that

Terus berjalan, kita akan mulai mendengar gemericik air terjun. Air terjun pertama yang kita jumpai adalah Air Terjun Gua Walet, yang ketinggiannya mencapai sekitar 3 meter. Kalau diperhatikan, maka bentuk air terjun ini memang seperti goa karena diapit oleh dua tebing mini di kiri-kanan. Meski mini, spot ini tempat asyik untuk sekedar berendam atau bermain air sambil duduk-duduk di atas batu melepas lelah.

Air Terjun Goa Walet Lombok

Air terjun Goa Walet

Tak jauh berjalan dari air terjun pertama, kita akan menjumpai air terjun Putri Kembar. Dinamai demikian karena letaknya yang saling berhadapan. Air terjun ini lebih tinggi sedikit saja dari yang pertama, sekitar 6 meter.

Air Terjun Putri Kembar Lombok

Closer look of air terjun Putri Kembar. Sekeren ini kalau airnya lagi melimpah!

Oya, jika ingin menikmati sejuknya kedua air terjun mini ini, maka datanglah saat musim hujan. Saat musim kemarau, air terjun ini berubah menjadi semacam air pancuran, hehehe..

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

The view..

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

The more you walk..

Makin ke atas, jalur trekking menjadi makin menantang, penuh semak belukar dan pepohonan hutan. Bagi yang punya ketertarikan terhadap flora fauna, sepanjang jalan, bisa jadi kalian akan banyak membuat stop dan mengambil foto. Ada banyak pohon dengan akar unik, bunga liar, dan pakis hutan yang bentuknya menarik.

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

…and the more and more you walk

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Breathtaking view

Psst, salah seorang teman yang meneliti jamur, juga mendapatkan spesies jamur unik yang cantik banget. Konon, jenis ini terbilang cukup unik, karena hanya tumbuh pada waktu-waktu tertentu saja, dan tumbuhnya pun belum dapat diprediksi. Wow!

Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok

Ini nih jamur keren yang nama ilmiahnya Dictyophora indusiata

Nah! Meski tidak se-favorit tempat wisata lainnya, Taman Wisata Alam Kerandangan Lombok punya pesonanya sendiri. Trekking dengan sajian menu komplit, mulai dari sungai, air terjun, flora-fauna, all in one! Kalau ke Lombok, tambahkan spot ini sebagai must-visit spot ya!

Yuk ke Lombok!

(All pictures owned by my dearest junior Yuniar Windiasti, bravo Biology!)

Mau liburan ke Lombok? Cari di sini: tiket pesawat dan hotel
(Visited 505 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Trekking Komplit di TWA Kerandangan Lombok Barat' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool