Trip Sekeluarga, Tradisi Sebelum Ramadhan di Lombok Timur

Trip Sekeluarga, Tradisi Sambut Ramadhan di Lombok Timur

Trip Sekeluarga, Tradisi Sambut Ramadhan di Lombok Timur
Vote Us

Minggu lalu saya sekeluarga cukup sibuk karena persiapan pernikahan kakak sulung saya. Banyak keluarga besar berkumpul. Jamaknya di Lombok, asbab poligami, banyak yang memiliki keluarga cukup besar. Saya sendiri memiliki sekitar dua puluhan paman dan bibi dari garis ibu, karena kakek saya dulu menikah lebih dari dua kali. Yang seru, saat saya masih kecil dulu, kakek sering mengajak trip sekeluarga bersama para paman dan bibi serta putra putri mereka yang masih satu dua orang. Sekarang? Selain saya sudah menjadi nenek dari anak-anaknya para keponakan, generasi cucu (sepantaran atau adik-adik keponakan saya) dari kakek lebih dari 50 orang!!

Memiliki keluarga sebesar itu, sekarang tidak memungkinkan untuk berkumpul atau trip sekeluarga bareng seperti dulu. Maksimal biasanya hanya bisa ngetrip bareng dua atau tiga keluarga saja.

Jadi, melanjutkan kebiasaan keluarga yang dulu sering kami lakukan di masa kecil dulu, beberapa momen khusus yang membuat saya dan keluarga mengusahakan kumpul bersama di antaranya momen menyambut bulan Ramadhan. Menanti kurang dari sepekan lagi, jika memang tak bisa ngetrip bareng ke spot-spot wisata di luar kabupaten Lombok Timur, cukup memuaskan diri main air di pantai Labuhan Haji. Hanya berjarak 7 km dari kota Selong atau rata-rata kurang dari satu jam berkendara dari kampung-kampung asal keluarga besar saya yang dekat dari desa wisata Tete Batu.

Naik pickup di trip sekeluarga

Naik pickup di trip sekeluarga

Sssttt, cuma bocoran info buat Ezytravelers saja, saya sempat juga lho ngetripnya naik truk..:D

Bukan sesuatu yang aneh di banyak keluarga besar di Lombok. Mengapa? Pertimbangan bisa berkumpul dengan keluarga besar jauh lebih segala-galanya. Kadang-kadang juga naik pick up untuk rombongan yang lebih kecil. Atau jika sedang banyak tabungan liburan yang bisa digunakan, sewa mobil lepas kunci di kisaran uang sewa mulai dari 250 K idr sampai 400 K idr per hari pun bisa. Sisanya, para abg dan remaja lebih menyukai berangkat beriringan dengan sepeda motor kesayangan mereka. Kebayang banget kan betapa ramainya trip sekeluarga a la Lombok?

Teluk Kuta, Spot Favorit Trip Sekeluarga

Teluk Kuta, Spot Favorit Trip Sekeluarga

Lantas, ke mana saja sih rombongan besar begini biasanya habiskan waktu?

Umumnya keluarga saya ngetrip ke spot-spot pantai. Mengingat sebagian besar keseharian mereka yang bergelut sebagai petani, menghangatkan diri di matahari terik pantai-pantai cantik Lombok, pemandangan serba biru dan keramaian rombongan keluarga lain menjadi beberapa alasan utama mengapa pantai lebih difavoritkan daripada spot wisata lainnya.

Di Lombok Timur, pantai Labuhan Haji yang terdekat dari ibukota kabupaten, kota Selong. Pantai Tanjung Menangis, Ketapang, Pandaan dan pantai Labuhan Kayangan Lombok menjadi spot alternatif. Atau yang femes, tentu saja pantai Pink atau pantai Tangsi, Teluk Ekas, atau trip naik perahu ke gili-gili cantik seperti Kondo, Sulat, Lawang dan Gili Pasir.

Ke Lombok? Snorkeling mah Wajib Lho : Ini 7 Spot Snorkeling Keren di Lombok

Spot pantai lain, pantai-pantai cantik di Teluk Kuta Lombok Tengah. Kuta, Mandalika, Seger, Tanjung Aan atau sedikit lebih ke barat daya ada Mawun, Selong Belanak dan Semeti. Jadi kalau Ezytravelers juga penyuka keramaian saat berwisata, atau ingin berburu pose-pose candid a la human interest, paskan saja waktu berlibur di Lombok di momen-momen yang bertepatan dengan hari Minggu sepekan sebelum Ramadhan, saat Lebaran Ketupat (sepekan persis selepas Hari Raya Idul Fitri) atau liburan sekolah di akhir tahun masehi alias momen tahun baruan.

Tanjung Aan, Spot Trip Keluarga di Lombok Tengah

Tanjung Aan, Spot Trip Keluarga di Lombok Tengah

Bocoran rahasia berikutnya dari saya, variasi kuliner rombongan trip sekeluarga a la Lombok ini juga banyak lho.

Yang wajib dan pasti selalu ada, tentu saja banyak porsi pelecing atau beberok kangkung. Lauk utama, serba bakaran ayam dan ikan. Nha, meski spot seseruannya di pantai yang biasanya panas terik, kopi bubuk hitam rumahan pasti juga wajib dibawa! Ezytravelers nggak usah sungkan beramah-tamah dengan sebagian rombongan liburan keluarga yang ramai-ramai begini. Tak menunggu sampai satu jam, pasti deh ditawari segelas kopi hitam panas. Yaaa, kalau pun sampai nggak dapet, tinggal pindah dan beli segelas di warung pinggir pantai saja yak. Hihihihi

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Hotel di Lombok, tiket pesawat promo dan Tour Lombok + Tiket (Murah). Mau?

Pantai Ampenan Lombok Barat

Pantai Ampenan Lombok Barat

Untuk kebanyakan warga Lombok Timur, spot pantai wisata di kota tua Ampenan, Senggigi yang femes dan beberapa pantai di Lombok Utara juga menjadi destinasi favorit. Alasannya, di kota tua Ampenan terdapat beberapa spot makan untuk wisata religi, pengen praktek cas cis cus bahasa Inggris di Senggigi atau sekalian jauh naik mobilnya ketika memilih pantai-pantai di Lombok Utara.

Tentu saja masih banyak spot pantai lain yang sama cantiknya, misal pantai Cemara di ujung barat daya dan dekat dari pelabuhan Lembar di Lombok Barat.

Selain pantai, spot-spot dengan kolam renang atau air terjun yang juga miliki kolam renang besar hampir sama ramainya di momen persiapan menyambut sebulan penuh puasa ini. Jadi, jalan raya ramai oleh rombongan kendaraan baik itu mobil pun kendaraan bak terbuka yang sekali ini penuh oleh manusia, spot-spot wisata keluarga yang padat pengunjung plus tentu saja warung-warung makan mulai dari snack, kopi sampai warung makan dadakan. Kompleksitas sehari penuh yang Ezytravelers temui di sebagian besar wilayah Lombok, terutama kampung kelahiran saya Lombok Timur.

Sekarang, tinggal memilih. Mau ikut seseruan memadati seperti rombongan trip sekeluarga a la Lombok atau ingin eksplorasi spot baru yang jauh lebih menantang dan jarang pengunjung. Pilihan apa pun, selamat berlibur dan mari sama-sama bersiap menjalankan sebulan penuh kewajiban berpuasa bagi umat muslim.

Cayooo..

Pantai Labuhan Haji Lombok Timur

Pantai Labuhan Haji Lombok Timur
(Visited 57 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Trip Sekeluarga, Tradisi Sambut Ramadhan di Lombok Timur' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool