Batu Payung Lombok

Uniknya Batu Payung di Lombok Bikin Termenung

Uniknya Batu Payung di Lombok Bikin Termenung
5 (100%) 1 vote

Objek-objek wisata di Lombok sudah banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara baik sebagai tempat berlibur, sebagai objek iklan bahkan lokasi prewedding dan pengambilan film. Salah satunya Batu Payung yang berlokasi di Pantai Koloq daerah Kuta Kabupaten Lombok Tengah dan letaknya berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan, dipisahkan dengan bukit. Kepopuleran Batu Payung menjadi lebih melejit dari objek wisata diakibatkan adanya pengambilan sebuah iklan komersil produk rokok yang naik di media cetak maupun elektronik nasional hingga internasional.

Batu Payung Lombok

Tingginya Batu Payung – Lombok Tengah

Jarak yang ditempuh menuju Batu Payung dari Kota Mataram sekitar 1 jam 30 menit dengan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat. Rutenya sama dengan menuju ke Pantai Tanjung Aan. Kendaraan umum yang bisa digunakan hanya taxi atau jasa ojek, karena belum tersedianya kendaraan umum lainnya yang melewati jalur ini. Biasanya wisatawan setibanya di Bandara Internasional Lombok (BIL) langsung menuju lokasi ini dan menginap di daerah Kuta Lombok Tengah.

Batu Payung Lombok

Panorama Batu Patung dari Pantai Tanjung Aan

Berkunjung ke Pantai Tanjung Aan, tidak lengkap rasanya jika kita tidak menyempatkan diri untuk mampir ke Batu Payung yang berlokasi di Pantai Koloq. Selain karena lokasinya yang tidak jauh, hanya cukup berjalan kaki sekitar 15 menit untuk tiba ke Batu Payung yang juga bentuknya unik. Tarif parkir kendaraan Rp.5.000,- untuk roda dua dan Rp. 10.000,- untuk roda empat. Jika tidak ingin mengeluarkan keringat berjalan kaki, dari Pantai Tanjung Aan bisa juga menggunakan perahu yang disewakan oleh masyarakat setempat hanya 15-20 menit dengan biaya Rp. 100.000,- sampai Rp. 200.000,- per perahu dari hasil tawar menawar.

gili anak anjan

Penampakan Gili di seberang Batu Payung saat air laut surut

gili batu payung

Penampakan Gili di seberang Batu Payung saat air laut pasang

Panorama Pantai Koloq dengan ikon batu yang konstruksi bawahnya kecil dan atasnya besar namun sangat kokoh ini luar biasa indah. Di depan Batu Payung yang terpisahkan laut terdapat pulau kecil (Gili) tak berpenghuni yang sangat indah dengan bentuk menyerupai hewan katak. Ciri khas batu ini mirip seperti payung, tapi apabila kita melihatnya dari berbagai sisi bentuk Batu Payung ini akan berubah menjadi seperti sebuah pahatan wajah manusia yang kembar siam dan dari sisi lainnya terlihat seperti bentuk jamur. Selain itu batu ini kerap kali digunakan sebagai tempat berteduh dari cuaca panas oleh para pemancing dan pengunjung sehingga fungsinya mirip seperti payung.

Batu Payung Lombok

Saking besarnya Batu payung bisa menjadi peneduh saat kepanasan 🙂

Koq bisa begitu ya? Inilah uniknya Batu Payung yang sering bikin saya termenung…

Dalam dunia photography ada istilah Angle atau posisi/sudut bidik yang memiliki peranan penting, karena dengan mengetahui berbagai angle dalam photography maka konsep yang ingin kita capai, atau pesan yang ingin kita sampaikan dalam menghasilkan sebuah karya foto akan lebih mudah.

“Pemilihan angle yang tepat akan memperkuat kesan atau daya tarik sebuah foto

Yuk sama-sama kita termenung menyaksikan berbagai angle indah spot wisata Batu Payung ini…

Batu Payung Lombok

Bird Eye View / Eagle Eye Angle – Batu Payung dijepret dari ketinggian tertentu

Batu Payung Lombok

Low Angle – Batu Payung dijepret dengan posisi badan membungkuk

Batu Payung Lombok

Normal Angle – Batu Payung dijepret sejajar dengan kamera

Batu Payung Lombok

High Angle – Batu Payung dijepret dari bukit persis di atasnya

Batu Payung Lombok

Frog Eye Angle – Batu Payung dijepret dengan posisi jongkok

Bagi para potographer pecinta landscape, lokasi ini sangat cocok untuk diabadikan dengan berbagai angle. Spot ini juga mulai menjadi lokasi favorit bagi yang ingin melakukan foto prewedding dengan menjadikan Batu Payung sebagai latar belakang gambar yang sangat menarik dan unik. Semoga para wisatawan yang berkunjung ke Batu Payung selalu menjaga kebersihan saat berada di lokasi, agar keindahan dan kelestarian objek wisata ini tetap terjaga.

Lombok itu indah tanpa sampah!

(Visited 759 times, 1 visits today)


About

Admin @infolombok l Suka menggalau di akun @bli_arie yang hobi ke sana ke mari ke mana-mana dan sangat mencintai makanan (tanpa sayur)!


'Uniknya Batu Payung di Lombok Bikin Termenung' have 2 comments

  1. July 2, 2015 @ 6:47 am Hidayah Sulistyowati

    Tips fotonya menarik, sudut pandang tiap foto juga bikin hasil yang beda. Unik loh, makin menarik karena tempatnya juga masih bersih 😀
    Salam kenal dari Semarang yaaa

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool