Mengintip Serunya Waterboom Tradisional: Parit Abangan Lombok

Vote Us

Sudah tahun 2017 dan masih ada yang belum pernah pakai GPS? Yas! Ada, saya orangnya 🙁 Dan perjalanan sekitar seminggu yang lalu adalah untuk pertama kalinya saya jalan-jalan dan menggunakan GPS. LOL. Jadi, perjalanan mencari lokasi Parit Abangan, sebuah tempat yang belakangan ini sedang banyak diperbincangkan di Lombok. Dan kali ini saya bakal ceritain tentang tempat ini dan perjalanan menuju Parit Abangan Lombok. Pagi itu saya bersama seorang teman berangkat menuju Desa Pringgarata, Lombok Tengah yang menurut mbah google dari hasil browsing, lokasi Parit Abangan berada di daerah tersebut. Berangkatlah kami bermodalkan GPS menuju Desa Pringgarata yang belum pernah kami datangi sebelumnya, benar-benar buta arah. Jaman sekarang nggak perlu khawatir tersesat sih yaa, GPS dan google masih kuat ngasih arah menuju jalan yang benar :p

menuju parit-abangan

Desa Pringgarata, Lombok Tengah. Foto koleksi pribadi.

 

parit-abangan-lombok

Tersesat? Pakai GPS tradisional, Gunakan Penduduk Sekitar 😀 Foto koleksi pribadi.

Dengan bermodalkan GPS tadi, sampailah kami di Desa Pringgarata setelah melakukan perjalanan dengan sepeda motor sekitar kurang lebih satu jam dari rumah. Sampai di Desa Pringgarata ini kami pun berdua kebingungan, karena lokasi persis dan detail Parit Abangan tidak ada terlacak di google, alhasil bingunglah kami berdua. Di sini, baru sadar secanggih-canggihnya teknologi yang bernama GPS ini tetap aja yaaa kalau alamatnya atau lokasinya juga nggak jelas bakal tetep nyasar kitanya. Alhasil kemudian kami pake GPS tradisional, G-P-S…Gunakan Penduduk Sekitar alias langsung tanya ke warga sekitar daerah itu. Saya memarkir motor di depan sebuah warung, sekaligus untuk cari minum. Mungkin si ibu pedagang warung ini sudah mengenali saya yang bukan warga daerah sana. Dia langsung bertanya saya mau kemana. Mendengar saya bilang kami mau menuju ke Parit Abangan, si ibu langsung tertawa.

“Mbak cari apa kesana?”, sambil cekikikan si bu bilang ke saya.

“Kami saja yang orang sini ndak pernah kesana. Kami kalau plesiran malah ke pantai bukan ke Abangan. Memang sejak heboh di tv itu kan jadi banyak orang yang datang dan nanya juga di sini”, lanjut si ibu.

 

parit abangan waterboom

Berani coba tak? Foto koleksi pribadi.

parit abangan waterboom

Wohoooooo seruuuu. Foto koleksi pribadi.

Fyi: Parit Abangan belakangan menjadi trending topic di media sosial karena itu orang berbondong-bondong datang dari sana-sini ke Parit Abangan. Parit Abangan ini sebenarnya bukan lokasi wisata, hanya saja karena viral di media sosial tadi jadilah kemudian Parit Abangan ini semacam lokasi wisata. Parit Abangan ini sendiri merupakan parit sepanjang 5 kilometer yang konon kabarnya dibangun sejak 1890-an. Lokasinya tepatnya terletak di Desa Pringgarata, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. Parit ini berfungsi mengalirkan air untuk sawah dan perkebunan juga kebutuhan sehari-hari warga sekitar. Menurut pengakuan warga sekitar Parit Abangan sering menjadi tempat bermain dan mandi anak-anak desa, semacam waterboom ala kampung.

parit abangan waterboom

Starting point. Foto koleksi pribadi.

parit abangan waterboom

Ini semacam finish line-nya. Foto koleksi pribadi.

Bermodal info dari ibu warung kami pun meluncur ke Parit Abangan. Ketika baru sampai di lokasi hal yang menyerbu pikiran saya adalah ingatan masa kecil dimana dulu kami sering mandi di sungai atau kali semacam Parit Abangan ini yang ada di depan kampung. Kebetulan kampung saya tepat berada di dekat saluran air atau irigasi. Bagi kami, yang hidup di kampung sejak kecil, untuk menikmati sensasi bermain permainan air modern seperti di waterboom kami tidak perlu mengeluarkan biaya mahal-mahal untuk pergi ke wahana permainan air modern. Cukup dengan bermain air di kali hingga parit seperti Abangan ini, hati pun senang riang gembira. Bahagia itu sederhana~~~~

parit abangan waterboom

Bonus pemandangan adem pedesaan. Foto koleksi pribadi.

Saat berada di Parit Abangan ini saya malah jadi enggan untuk mandi dan main perosotan karena ramai sekali dan agak sedikit menyeramkan bagi saya untuk mencoba main perosotannya. Iya saya memang selalu sebegini cupunya kalau yang menyangkut permainan yang agak-agak ekstrim menurutku. Tak main perosotan, saya dan teman saya cukup cuma sekadar menonton orang-orang seru-seruan bergembira-ria main perosotan dan itu saja udah bikin gembira juga! Berbagai gaya main perosotan bisa dicoba, mulai dari perosotan biasa tanpa alat apa-apa, perosotan gaya surfing, perosotan pake ban karet, mau gaya apa dah bisa kamu coba, asalkaaan ingat-ingat keselamatan! Safety first guys.

Nah, nih bagi kalian yang pengen coba gimana rasanya waterboom tradisional dan merasakan sensasi permainan tradisional anak kampung, bisa banget kamu datang ke Parit Abangan Lombok! Nikmati sensasi lain dari wisata Lombok.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel lombok, tour murah, dan tiket pesawat lombok
(Visited 234 times, 1 visits today)

About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Mengintip Serunya Waterboom Tradisional: Parit Abangan Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool