Pantai Nambung Lombok

Whoaaa…. Ada “Air Terjun” di Pantai Nambung, Lombok Barat

Whoaaa…. Ada “Air Terjun” di Pantai Nambung, Lombok Barat
5 (100%) 1 vote

Saat ini kita hidup di zaman dimana gadget menjadi barang primer bagi sebagian orang, dan zaman dimana media sosial (medsos) memiliki porsi yang tidak kecil dalam hidup banyak orang. Kedua hal ini tentunya memiliki efek/imbas dalam berbagai macam bidang. Salah satunya di bidang pariwisata. Promosi objek wisata menjadi semakin massive sejak dunia medsos berkibar.

Tak terkecuali bagi pariwisata Lombok.

Hampir semua spot indah di Pulau “seribu pantai” ini kian terekspos. Dari yang sebelumnya tidak begitu dikenal, sepi pengunjung, kini dikenal dan menjadi buah bibir sehingga akhirnya menjadi destinasi wisata banyak orang..

Sebut saja beberapa destinasi seperti Pantai Pink Tangsi, Pantai Tanjung Bloam, Gili kedis, Batu Payung, TWA Gunung Tunak, Pantai Semeti dan Bukit Pergasingan adalah beberapa contoh dimana sosmed menjadi salah satu senjata ampuh untuk mempopulerkan sebuah lokasi wisata.

Contoh lainnya adalah Pantai Nambung.

Pantai Nambung Lombok

pantai nambung – pengantap (top view)

Sebelumnya, pantai ini tidak begitu dikenal baik oleh wisatawan dari luar Pulau Lombok, bahkan oleh penduduk Lombok itu sendiri. Namun sejak potonya diunggah ke dunia maya (instagram, twitter, blog, facebook, path dll) pantai ini langsung menjadi salah satu pantai yang layak dikunjungi ketika ke Lombok.

Saking boomingnya saat itu, sebuah acara jalan-jalan di saluran tv swasta nasional bertajuk “my trip my adventure” pernah meliput spot keren ini.

Pantai Nambung berlokasi di Pengantap, Sekotong Timur. Yang membuat pantai ini menjadi sensasional adalah di sisi timur pantai nya terdapat air terjun alami yang terbentuk dari gugusan batu karang raksasa yang dihantam ombak besar khas selatan dan buih ombak yang mengalir jatuh melalui dinding sisi karang raksasa tersebut.

Pemandangan air terjun di bibir pantai. Tak umum alias unik bukan?

Jika pengunjung ingin ke Pantai Nambung dengan berkendara, setidaknya dibutuhkan waktu 2 jam dengan kecepatan normal dari Mataram dengan jalur : Mataram – Gerung – Pertigaan Lembar ke kiri – Teluk Sepi – Pengantap. Akses sepanjang jalannya sangat baik karena jalan yang dilalui adalah aspal hotmix.

Sebenarnya tak terlalu sulit menemukan lokasi pantai ini, namun jika ragu manfaatkanlah GPS (Gunakan Penduduk sekitar) untuk bertanya arah menuju pantai nambung 😀

Sesampai di Pantai Nambung, kita dapat menitipkan kendaraan di rumah-rumah pendudukyang sudah menyiapkan lokasi parkir yang aman.

Dari parkiran kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri bibir garis pantai ke arah bukit yang berada di sebelah kiri pantai Nambung. Siapkan kondisi fisik yang fit karena tantangan terberat yang cukup menguras tenaga adalah ketika kita harus menjejakkan kaki di atas pasir-pasir seperti butiran merica. Langkah kaki akan terasa semakin berat. Sekilas pasir pantai bertekstur merica ini akan mengingatkan kita akan pasir pantai Tanjung Aan ataupun Pantai Kuta Mandalika.

Pantai Nambung Lombok

pantai nambung

Pantai Nambung Lombok

pasir pantai nambung

Setelah melewati jalur pasir pantai kita akan melanjutkan ke jalur yang tak kalah menantang. Di sisi bukit ini kita harus berhati-hati melangkah diatas batu-batu karang yang cukup licin. Kurang lebih 30-40 menit waktu yang dibutuhkan untuk berjalan kaki dari lokasi parkir sampai tiba ke spot “waterfall” nambung.

Pantai Nambung Lombok

pantai nambung #2

Pantai Nambung Lombok

pantai nambung #3

Oh iya, ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan :

  • Bawalah barang seperlunya agar beban yang dibawa tidak terlalu berat. Tinggalkanlah barang yang tidak dibutuhkan di dalam kendaraan.
  • Persiapkan fisik prima dan bungkuslah barang elektronik/gadget, kamera dengan bahan anti air untuk menghindari basah terkena tampias/ombak
  • Sebelum menuju lokasi, cobalah untuk bertanya dengan masyarakat di sekitar lokasi untuk menanyakan kondisi ombak apakah cukup aman untuk dilalui. Lagipula tak ada salahnya bersosialisasi dengan warga setempat juga untuk menghargai tuan rumah toh ? 😀
  • Jika ombak terlalu tinggi, jangan pernah memaksakan diri. Demi keamanan lebih baik menunggu sampai ombak surut karena akan sangat berbahaya bagi para pengunjung.
  • Jika sudah sampai di spot “waterfall”, berhati-hatilah akan ombak yang dapat menerjang setiap saat. Datangnya ombak dapat tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Waspada juga akan batu karang yang kerap terbawa ombak dan sewaktu-waktu dapat menimpa.
  • Pantai Nambung Lombok

    pantai nambung #4

  • Last but not least, tetap menjaga kebersihan dengan tidak sembarangan membuang sampah. Ingat : Jelajahilah alam tanpa “menjajahnya’ 🙂

Hayoo… siapa yang mau ke Lombok dan mengunjungi Pantai Nambung ini.

Ngacung! 😀

Dongggg Ayooookkkk Ke Lombok.

(Visited 1,983 times, 1 visits today)


About

blogger yang sangat mencintai lombok. impiannya sederhana, keliling Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budayanya. "menikmati hidup dengan mensyukurinya dan mensyukuri hidup dengan menikmatinya karena hidup itu indah" adalah tagline hidupnya. ^^


'Whoaaa…. Ada “Air Terjun” di Pantai Nambung, Lombok Barat' have 2 comments

  1. June 28, 2015 @ 7:36 am eliyan

    Kesetil foto-fotonya ayooook..

    Reply

    • July 3, 2015 @ 10:40 am depz

      masa sih ayokkk? 😛

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool