Salah satu pilihan wisata air terjun di Lombok adalah Timponan

Timponan Lombok: Trekking Menantang Bonus Air Terjun!

Timponan Lombok: Trekking Menantang Bonus Air Terjun!
Vote Us

Bukan cuma pantai,  wisata air terjun di Lombok juga terkenal dengan keindahannya. Wahaaaa.. Dan bukan cuma itu ezytraveller, kebanyakan dari wisata air terjun di Lombok, punya tantangannya sendiri! Sebut saja air terjun Tiu Kelep di Lombok Utara atau Benang Stokel di Lombok Tengah. It needs your effort to see the beauty, but hey..it’s worth it!

Liburan ke Lombok pengen belanja preloved stuffs nan unik? Baca rekomendasinya disini: berburu barang bekas di Mataram Lombok

Postingan kali ini adalah cerita teman saya tentang perjalanannya menaklukkan air terjun Timponan. Saya sendiri sudah tahu tentang air terjun ini sejak 2010, beberapa kali berkegiatan langsung di desanya–Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar– tapi sampai saat ini belum menjejak kaki kesana (trip goal 2017, why not?) Hehehe..

Wisata Air terjun di lombok sekaligus wisata trekking

Megahnya air terjun Timponan Lombok!

Wisata Air terjun di Lombok dengan pemandangan cantik

Small pool, beautiful view!

Menurut saya, Timponan adalah salah satu wisata air terjun di Lombok yang pas banget buat traveler dengan short-time visit tapi ingin merasakan keseruan trekking yang berakhir dengan menikmati keindahan air terjun. Based on my friends’ experiences, banyak yang mengaku rutenya sanggup bikin nafas ngos-ngosan dan kaki pegel. Nggak sulit untuk sampai ke pintu utama Timponan. Cukup mengikuti jalur utama ke arah Lingsar menuju ke Batu Mekar. Butuh waktu sekitar 1 jam jika berkendara dari kota Mataram, even less. Kawasan ini terkenal sebagai penghasil buah karena termasuk ke dalam kawasan hutan Sesaot. Buah pisang, manggis, rambutan, bahkan durian ada disini!

Wisata Air terjun di Lombok dengan pemandangan cantik

Waaaaa..ada batang pohon jatuh. Look at that slippery road!

Ada dua pilihan: full-walking atau half-walking. Jika ingin full berjalan kaki, maka kendaraan bisa dititip di dusun Punikan. No worries, penduduk dusun ramah-ramah kok! Jika ingin half walking maka kita bisa berkendara menuju dusun Praba melewati rumah dan perkebunan penduduk sampai menemukan tempat parkir yang dikeloa penduduk setempat. Seems like it is easy, but absolutely not! Hehehe. Kita cukup membayar Rp. 2.000 saja untuk bisa menitipkan motor. Disini juga ada warung yang menjual snack dan kopi, which is the one and only, karena setelah berjalan, tak ada lagi warung penduduk. Oya, jangan lupa sering-sering bertanya jika berpapasan dengan masyarakat sekitar, berhubung menuju ke Timponan tidak ada penunjuk jalan atau sign khusus yang memudahkan pengunjung sampai ke tujuan.

Rute menuju timponan salah satu wisata air terjun di Lombok

Rame-rame begini lebih seru, brosist!

Jalurnya masih berupa jalur tanah yang sempit sehingga saat ada dua motor berpapasan, maka yang satunya harus mengalah terlebih dahulu. Ada tanjakan cukup curam dan tikungan yang perlu diwaspadai. Di kiri-kanan kita akan melintasi perkebunan warga, semak belukar, dan sesekali akar besar yang mengular di tanah, meminta para pejalan kaki untuk lebih waspada jika tak ingin tersandung. Untuk sampai ke Timponan, rata-rata teman saya bercerita bahwa mereka butuh waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Yuhuuuu..

Timponan adalah salah satu pilihan wisata air terjun di Lombok yang anti mainstream

Mahasiswa rajin yang langsung melakukan pengamatan tumbuhan..hehehe

Semua kelelahan tadi bakal terbayar begitu sampai di Timponan. It’s so relieving! Air terjun ini cukup tinggi, tidak kurang dari 30 meter. Airnya terus mengalir sepanjang tahun mengingat sumbernya yang langsung dari hulu Rinjani. Saat musim hujan, debit airnya cukup deras, sementara saat kemarau, debitnya berkurang. So, pintar-pintarnya kita untuk menentukan waktu kesana. Jangan lupa pertimbangkan tantangan rutenya!

Wisata Air terjun di Lombok punya view eksotik yang selalu menarik untuk diabadikan

Bisa foto kece kek gini, Kak!

Kolam air terjun ini dikelilingi batu-batu besar yang menambah apik suasana dan jadi properti cantik untuk foto-foto. Diameter kolam hanya sekitar 10 meter. Di dasar kolam mudah kita jumpai biota air seperti ikan atau udang kecil.

Banyak pemandangan wisata air terjun di Lombok yang bisa diabadikan lewat foto

Pose cantik

Badically, semua wisata air terjun di Lombok punya keunikannya masing-masing. Setiap orang akan menemukan kesan terhadap suatu tempat wisata dengan caranya sendiri. There are soooo much to explore about Lombok. Of course, including this beautiful waterfall. 

Menyenangkan menghabiskan liburan di Timponan salah satu wisata air terjun di Lombok

Narsis bareng! (foto: Dede)

Jernihnya wisata air terjun di Lombok

Airnya jernih yak!
Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Paket Wisata Murah

Jika berencana ke sini, maka tips paling utama adalah find your travel mates. Karena bakal lebih seru melewati rute menantang bersama teman-teman. Next, bawa bekal sendiri, utamanya bawa cukup air. Mengingat tidak ada lagi warung di Timponan. Terakhir, jika berkendara, maka pastikan kendaraan dalam kondisi mesin sehat. Oya, jangan kaget jika menemukan tempat ini ramai saat weekend, secara kawasan ini sering dijajal oleh para bikers dan scouts alias anak pramuka. Penduduk sekitar pun sering berwisata sembari piknik di Timponan. Bagaimana? Berminat menajajal wisata wisata air terjun di Lombok? Biar nggak sama dengan traveller lain, Coba ke Timponan aja! *thanks to Rani and Rinda for allowing me to use these beautiful pictures!

(Visited 297 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Timponan Lombok: Trekking Menantang Bonus Air Terjun!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool