Air Terjun Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

Tibu Kelambu, Wisata Alternatif di Lombok yang Dekat dengan Pusat Kota

Tibu Kelambu, Wisata Alternatif di Lombok yang Dekat dengan Pusat Kota
Vote Us

Air Terjun Tibu Kelambu adalah salah satu tujuan wisata alternatif di Lombok yang cukup dekat dengan pusat Kota Mataram. Buat ezytravelers yang berkunjung ke Lombok tapi tidak punya banyak waktu untuk jalan-jalan, maka air terjun ini bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk berlibur. Tak perlu ke Tiu Kelep yang jauh dari pusat kota (jarak tempuh 3 jam dari Kota Mataram), cukup ke Air Terjun yang berlokasi di Desa Bukit tinggi, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Jaraknya hanya 30 menit dari pusat Kota Mataram. Air Terjun Tibu Kelambu masih satu lokasi dengan Air Terjun Tibu Tereng, jadi jalur yang dilewati menuju tempat ini pun sama.

Kunjungan saya kesalah satu tujuan wisata alternatif di Lombok ini sebenarnya berbarengan dengan kunjungan saya ke Air Terjun Tibu Tereng. Waktu itu, saya dan dua orang teman saya berkunjung ke Desa Bukit tinggi ini untuk mendatangi 4 air terjun sekaligus. Nah, salah satu air terjun itu adalah Air Terjun Tibu Kelambu ini.

Dari tempat parkir kendaraan, Air Terjun Tibu Kelambu ini adalah air terjun yang terdekat. Kami hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit untuk dapat tiba di lokasi air terjun yang merupakan salah satu tujuan wisata alternatif di Lombok ini. Jalan yang kami lewati pun cukup mudah. Medan jalannya sudah di beton/di rabat dan sangat nyaman dilalui. Selain itu, jalur yang kami lewati pun sangat teduh karena banyak pohon-pohon tinggi di sepanjang jalan. So, kalian jangan takut kepanasan.

Setelah melewati jalan yang sedikit menurun, tibalah kami di sebuah sungai. Air sungai ini sangat dingin dan cukup deras. Dan tentunya air sungai ini masih sangat-sangat bersih dan bening. Melihat air sungai yang bening dan segar, kami pun langsung mencuci muka kami yang sudah terlihat kusam terkena debu di jalan. Rasanya benar-benar segar! Dari atas sungai ini, kami melihat Air Terjun Tibu Kelambu berada di bawah kami. Kami pun menjadi semakin tidak sabar untuk segera turun ke lokasi air terjun yang merupakan salah satu tujuan wisata alternatif di Lombok ini.

Aliran sungai Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

 

Untuk dapat turun ke lokasi Air Terjun Tibu Kelambu, kami harus menuruni tebing yang cukup tinggi. So, how do we get there? Tenang saja, ezytravelers tidak usah khawatir. Ezytravelers tidak mesti menuruni tabing dengan merayap-rayap atau menggunakan tali. Untuk turun ke lokasi air terjun, di sini telah disiapkan tangga kayu. Jadi, kalian tinggal menuruni tangga kayu dan tidak perlu repot membawa peralatan mendaki. Tangga kayu nya pun aman dan nyaman dilewati.

Tebing Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

Setelah menuruni tangga kayu, maka kami pun tiba di Air Terjun Tibu Kelambu, salah satu daerah tujuan wisata alternatif di Lombok. Tiba di lokasi air terjun, kami langsung disambut dengan panorama alam yang sungguh indah dan menawan. Dinding-dinding tebing yang tinggi, pepohonan hijau dan gemercik suara air yang jatuh ke sungai bersatu membentuk satu kesatuan yang sangat harmonis dan sedap dipandang mata. Suasana yang sejuk semakin menambah kenikmatan berada di Air Terjun Tibu Kelambu ini.

Air Terjun Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

Derasnya Air Terjun Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

Air Terjun Tibu Kelambu memiliki ketinggian yang sedang. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Debit air nya pada waktu kami datang cukup besar dan deras. Air jatuh tumpah ruah dari sungai yang ada di atas menuju kolam yang ada di bawahnya. Kolam tempat jatuhan air nya pun cukup luas dan dalam. Dan tentunya sangat bersih dengan warna air hijau toska.

Kolam Tibu Kelambu, wisata alterntif di Lombok

Berpose di Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

Setelah beristirahat sebentar dan mempersiapkan kamera, kami pun mulai menyusuri setiap sudut dari Air Terjun Tibu Kelambu ini. Dan tentunya kami juga tidak lupa  mengabadikan setiap momen dan setiap sudut keindahan dari salah satu daerah tujuan wisata alternatif di Lombok ini.

Berfoto di Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

Sungai Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

Sudut Tibu Kelambu, wisata alternatif di Lombok

Setelah merasa cukup puas berada di salah satu tujuan wisata alternatif di Lombok ini, kami pun beranjak menuju tujuan kami selanjutnya. Dengan melewati jalur yang sama, kami pun mulai melangkahkan kaki kami dengan riang gembira.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Hotel di Lombok, Tiket Pesawat Jakarta Lombok & Bikin Visa Online

Well, itulah kisah perjalanan singkat kami mengunjungi Air Terjun Tibu Kelambu, salah satu tujuan wisata alternatif di Lombok.

Jika ezytravelers berkunjung ke Lombok dan tidak memiliki waktu yang banyak, maka Air Terjun Tibu Kelambu ini sangat cocok untuk didatangi.

Sekian!

(Visited 424 times, 1 visits today)


About

Son of the Beach


'Tibu Kelambu, Wisata Alternatif di Lombok yang Dekat dengan Pusat Kota' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool