Nyepi di Lombok

Wisata Alternatif Lombok, Nyepi Di Pulau Seribu Masjid

Vote Us

Wisata alternatif Lombok apalagi ya buat bekal berlibur sepanjang 2017 ini?

Wisata objek pantai-pantai cantik Lombok sudah. Eksplor kawasan gunung Rinjani sudah. Spot-spot air terjun femes Lombok pun sudah.

Lets welcoming April, Ezytravelers. Di bulan kelahiran salah satu tokoh pahlawan perempuan Indonesia terkenal ini masih ada akhir pekan yang panjang lho. Sudah pastikan mau berlibur ke mana? Di Lombok sih, yang pasti jalur pendakian Gunung Rinjani 3726 mdpl sudah resmi dibuka. Sudah pernah? Hmmm, bagaimana kalau manteng kisah seru saya, travelling bertepatan dengan momen sehari sebelum perayaan Hari Raya Nyepi di Lombok. Satu momen yang bisa menjadi wisata alternatif Lombok bagi Ezytravelers. Panteng yaaa..

Salah satu Ogoh-Ogoh di Nyepi, Wisata Alternatif Lombok

Salah satu Ogoh-Ogoh di Nyepi Lombok

Berlangsung rutin setiap tahun, ruas jalan raya di kompleks perdagangan Cakranegara kotamadya Mataram menjadi jalur arak-arakan Ogoh-Ogoh sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Tahun ini, bertepatan dengan Senin 27 Maret minggu lalu.

Penduduk warga dan beragama Hindu merupakan agama terbesar kedua setelah mayoritas muslim di propinsi yang terdiri dari dua pulau terbesar nan cantik, si pulau seribu masjid Lombok dan pulau Sumbawa. Saya sendiri yang lahir dan besar di kabupaten ujung timur Lombok, baru berkesempatan saksikan pawai Ogoh-Ogoh di dua kota, yaitu Mataram dan Tanjung, ibukota kabupaten termuda Lombok, yaitu Lombok Utara.

Ogoh-Ogoh di depan Mataram Mall Lombok

Ogoh-Ogoh di depan Mataram Mall Lombok

Ezytravelers kebetulan berlibur bersamaan dengan momen pawai Ogoh-Ogoh?

Kompleks perdagangan Cakranegara dilintasi bus Damri yang antarkan penumpang pesawat dari dan ke Bandara Internasional Lombok (BIL), Senggigi serta sebaliknya. Jika sebelumnya sudah menginap di hotel favorit di seputar kota atau kawasan pantai wisata Senggigi, range ongkos angkot mulai dari 5K idr sampai kelipatan angka yang sama. Angkot dari pantai Senggigi harus bertukar sekali di perempatan lampu merah pasar Kebon Roek kota tua Ampenan, baru kemudian melintasi daerah Cakranegara. Untuk ojek, range ongkos mulai dari 15k idr sampai 30K idr dengan jarak terjauh yang pernah saya coba, dari Terminal Bis Bertais sampai kompleks Mataram Mall atau perempatan bundaran air mancur di ujung barat kompleks pertokoan Cakranegara. Untuk taksi, umumnya mulai dari 30K idr.

Di Lombok ada Masjid Klenteng? Yuk WIsata Religi ke Masjid Klenteng Lombok

Bagaimana dengan kota Tanjung, Lombok Utara?

Salah satu Ogoh-Ogoh di kota Tanjung Lombok Utara.

Salah satu Ogoh-Ogoh di kota Tanjung Lombok Utara.

Pilihan angkutan umum saya sarankan untuk ikut antrian penumpang di terminal bis Mandalika, Bertais di ujung timur kota Mataram. Mini bis berisi sekitar 20 orang penumpang umumnya lebih cepat penuh di pagi hari. Relatif jauh berkurang daripada jaman saya masih mahasiswa dulu di awal tahun 2000an, pilihan angkutan umum mulai dari bis mini dan juga elf putih yang kadang mangkal di belakang kompleks gubernuran, jauh lebih dekat daripada ke terminal bis. Terutama untuk rombongan pendaki Rinjani di rombongan lebih dari 5 orang.

Range ongkos mulai dari 10K idr. Biasanya kadang dimintai ongkos tambahan, maksimal 20K idr, jika berhenti di titik terjauh yaitu pasar di Senaru bawah atau Bayan. Lebih mahal lima ribu rupiah dari ongkos angkutan yang sama yang antarkan kita ke kawasan Lombok Tengah atau Lombok Timur. Ongkos akan bertambah lagi jika Ezytravelers turun di Senaru, spot dengan duo air terjun femes, Sendang Gila dan Tiu Kelep.

Kembali ke pawai Ogoh-Ogoh, Ezytravelers harus bersiap dengan desakan penonton yang ramai yaaa. Namun pastinya terbayar dengan tontonan berbagai bentuk Ogoh-Ogoh serta atraksi dari para pemanggulnya. Menjadikan momen pawai Ogoh-Ogoh pantas sebagai wisata alternatif Lombok yang wajib disaksikan.

Jika pawai Ogoh-Ogoh di kota Mataram minim resiko macet karena jalur utama arak-arakan bisa dialihkan ke banyak ruas jalan yang lain, berbeda halnya dengan kota Tanjung Lombok Utara. Dua ruas jalan raya yang melintas di dekat pasar di pusat kota masih juga macet meski sudah diusahakan buka tutup jalur untuk menghindari kemacetan.

Ada promo tiket pesawat buat ke Lombok nih! Gak cuma itu aja, bisa jalan-jalan hemat dengan booking hotel murah dan paket tour. Yuk siap-siap liburan!

Satu catatan pribadi saya dari setiap momen pawai Ogoh-Ogoh yang terangkai dengan perayaan Hari Raya Nyepi, jika di Bali suasana kota hampir sepenuhnya gelap saat malam hari dan minim aktifitas sepanjang siang, di kota Mataram Lombok suasananya tak terlalu berbeda jauh dengan keseharian. Namun, jika Ezytravelers melintas di Cakranegara, suasana lengang sangat kental. Bahkan di malam hari, beberapa gang kompleks warga Hindu terlihat gelap serta ditunggui beberapa pecalang. Memastikan tak ada yang menganggu kekhusyukan ibadah para umat Hindu merayakan Nyepi.

Bentuk lain Ogoh-Ogoh

Bentuk lain Ogoh-Ogoh

Menjadi wisata alternatif Lombok unik, karena sebaliknya saat Ramadhan tiba, hampir semua masjid riuh dengan dzikir khusus sholat sunnah Tarawih. Bahkan terkesan seperti berlomba jika Ezytravelers kebetulan sedang berada di kota saya, Selong Lombok Timur.

Kini, setiap melintas kawasan Cakranegara, selalu tak bosan saya kisahkan pada para rombongan tamu yang saya temani kelilingi Lombok atau sesama kawan traveler bahwa kompleks ini kental dengan dengan keseharian Hindu. Juga jika ada yang kebetulan menginginkan kuliner khas Bali, spot terlengkapnya tentu saja di lokasi yang juga menjadi pusat perdagangan terbesar serta terlengkap di Lombok.

Siap panteng liburan panjang yang ngepas dengan momen pawai Ogoh-Ogoh serta Hari Raya Nyepi tahun depan? Saya tunggu..

(Visited 39 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Wisata Alternatif Lombok, Nyepi Di Pulau Seribu Masjid' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool