Wisata Alternatif Clean Up Rinjani

Wisata alternatif seru, Clean Up Rinjani Lombok

Vote Us

Time flies deed so fast ya, Ezytraveler. Ndak terasa, kita sudah counting down ke tahun baru lagi. 2017!! Hmmm, libur panjang akhir tahun yang berbarengan dengan perayaan Natal Ezytraveler yang kristiani, paling pas diisi trip seru. Kalau sebelumnya sudah wisata mainstream ke spot-spot kuliner lezat plus khas, juga wisata-wisata alam keren, sesekali wisata alternatif yuk.

Apa? Do a volunteer activity!

Iyap, Clean Up (aksi bersih) Rinjani sekarang menjadi agenda trip wisata baru dari Dinas Budaya dan Pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Barat (Disbudpar NTB).

Kapan nih acara kerennya dilaksanakan?

Ngepasi momen libur panjang di akhir pekan ini, tepatnya tim sukarelawan clean up berangkat di Sabtu pagi 10 Desember lalu. Makin ngepas lagi karena bisa berbarengan dengan skejul tripnya salah seorang rekan Couch Surfing (CSer) saya dari negeri seberang. Sejak lama ia mengidam trip wisata alternatif berupa kegiatan volunteering, baik itu mengajar atau kegiatan seperti aksi bersih Rinjani ini. Kegiatan positif ditengah skejul trip. Dari sekian banyak saya terima rekues trip partner atau di grup chat travel, umumnya yang meminta kegiatan volunteer telah pernah kunjungi Lombok sebelumnya.

Dari Selong Lombok Timur, setiap hari sarapan siluet Rinjani loo

Puncak Rinjani, view dari Taman Tugu dan Kompleks Masjid Raya Selong Lombok Timur

Siluet Rinjani yang ini, dari ruas jalan Kabupaten Lombok Utara

Siluet Rinjani yang ini, dari ruas jalan Kabupaten Lombok Utara

Ezytraveler mau nyontek juga trip Lombok plus plus begini? Kunjungi spot-spot wisata Lombok yang indah dan belum pernah didatangi, plusss bisa gabung bersama banyak volunteer lain di clean up Rinjani. Boleeehhh..

Mengingat wisata alternatif berupa clean up Rinjani skejul pastinya tak bisa ditetapkan jauh-jauh hari karena pertimbangan cuaca serta kondisi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sendiri di mana jika terjadi erupsi lagi, semua jalur pendakian ditutup. Kecuali skejul rutin penutupan selama Januari sampai Maret di setiap tahunnya, erupsi Baru Jari –gunung anakan yang terletak di salah satu sisi Danau Segara Anak, tak terprediksi dan akhirnya membuat penutupan jalur pendakian pun menjadi tak pasti juga.

Jadi, ini sedikit tips sederhana agar skejul libur akhir tahun Ezytraveler bisa diperkaya dengan wisata alternatif, volunteer clean up Rinjani:

~> Siapkan minimal 2 set pakaian mendaki gunung. Kemeja flannel dan celana lapangan sekarang semakin modis buat tetap kunjungi spot wisata selain gunung lho.
~> Satu jaket anti dingin tetap worthed di list pakaian di koper, backpack atau keril Ezytraveler.
Sepatu gunung dan sandal. Memastikan trip ke gunung sama serunya dengan ke pantai.
~> Krim anti surya. Ezytraveler memang sengaja ingin mencoklatkan diri? Skip tips ini yak! Bagaimana pun, krim anti surya juga membantu mencegah sunburn. Meski hujan Desember yang sepaket dengan awan mendungnya kadang lebih sering mengintimidasi.
~> Siapkan ekstra budget untuk menyewa perlengkapan pendakian seperti tenda, sleeping bag dan atau porter. Budget ini sewaktu-waktu bisa berganti fungsi menjadi tombokan belanja oleh-oleh, jika ternyata Rinjani malah masih sedang ditutup persis di skejul trip Ezytraveler.

Nah, tips sederhana sudah, terus trip cleaning upnya bagaimana? Niiih contekannya.

Clean Up Rinjani, Wisata Alternatif di Lombok

Clean Up Rinjani, Wisata Alternatif di Lombok

Seremoni Clean Up Rinjani 10 Desember 2016

Wagub NTB H. M. Amin di Seremoni Clean Up Rinjani 10 Desember 2016

Aku Cinta Rinjani. Kamu?

Aku Cinta Rinjani. Kamu?

Bapak-bapak semangat lakukan aksi bersih Rinjani

Rombongan bapak-bapak semangat lakukan aksi bersih Rinjani

Bersama-sama dengan ratusan volunteer lain –baik dari berbagai dinas terkait pemerintah, komunitas-komunitas pecinta alam, para pegiat pariwisata juga kelompok guide serta porter Rinjani, Sabtu pagi yang cerah diawali dengan upacara seremonial sederhana di pelataran hotel Nusantara Sembalun. Masih bersama mentari pagi yang terasa hangat di sela hari-hari lain di sebagian besar Lombok yang terus hujan, langkah-langkah saya menjadi lebih bersemangat karena ramainya rombongan.

Tak bermaksud membanggakan umur, perlahan tapi pasti saya yang tadinya berangkat di barisan depan mulai tergusur. Well, tetiba di barisan tim penyapu ndak masalah dong. Yang penting target utamanya membersihkan setiap sampah plastik di sepanjang jalur. Ngopi-ngopi cantiknya diskejulkan di pos 2 untuk kemudian target nge-camp di Pelawangan Sembalun.

Tiba di Pelawangan Sembalun, rasanya setengah mati menahan diri untuk segera turun ke area base camp di dekat Danau Segara Anak. Efek erupsi terakhir Baru Jari memaksa pihak TNGR masih menutup kawasan ini dari aktifitas apa pun. Namun, atas nama keselamatan diri sendiri juga, ketetapan tersebut sudah pada tempatnya diindahkan. Menunggu sampai dibukanya kembali jalur-jalur pendakian di 1 April 2017 nanti akan selalu berharga. Terutama jika itu pendakian ulang ke Rinjani. Apalagi jika semakin konsisten untuk tak meninggalkan apa pun selain jejak kaki, tak mengambil apa pun kecuali foto serta tak membunuh apa pun kecuali waktu.

Tertarik masukkan clean up Rinjani jadi wisata alternatifmu di Lombok? Kabar-kabari ya Ezytraveler.

Libur Natal & Tahun Baru nan panjang? Intip pilihan ini yuk .. Paket Tour Murah, Indonesia Holidays Package, dan Tiket Murah
(Visited 86 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Wisata alternatif seru, Clean Up Rinjani Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool