wisata-belanja

Wisata Belanja di Lombok, Kemana Aja? Ini Jawabannya

Wisata Belanja di Lombok, Kemana Aja? Ini Jawabannya
Vote Us

Pergi ke suatu tempat baru entah itu untuk keperluan liburan, kunjungan kerja, bahkan untuk menetap dalam waktu lama atau sementara, pasti semua kita akan butuh yang namanya belanja! Entah belanjanya untuk keperluan apalah, pasti akan ada saat di mana kita bilang “i need to go for shopping, where should i go?. Apalagi yang namamya perihal liburan ke Lombok, nggak bakal lengkap kalo nggak wisata belanja di Lombok juga.

wisata belanja di Lombok

Oleh-oleh khas Lombok. Sumber: Sukarno

So, if you are in Lombok and wondering where to shop in Lombok, here i want to tell you some places that you can visit for shopping.

Mulai dari tempat belanja tradisional hingga modern, belanja barang ciri khas yang Lombok banget sampai barang yang khas nasional hingga internasional. Lah kayak gimana tuh? Haha, yaaa pokoknya gitu aja dah. Semuanya yang saya sebutin itu ada di Lombok. Wabil khusus nih yah, untuk Ezytravelers yang sedang di Lombok dan kebetulan berada di Kota Mataram, berikut ini rekomendasi lokasi wisata belanja di Lombok yang bisa kalian datangi, yang kesemuanya berada tidak jauh dari pusat Kota Mataram. Just Cekidot~

1. Belanja di Mall Lombok

wisata belanja di Lombok

Let’s shopping! Sumber:  instagram (at)ribbysinatra

Mall di Lombok bisa dihitung dengan jari jumlahnya. Di pulau kecil ini baru ada tiga mall yaitu mall paling pertama di Lombok Mataram Mall (yang ukurannya tidak seperti Mall pada umumnya) lalu ada Lombok Epicentrum Mall dan Lombok City Center. Dari ketiganya, yang paling lengkap dan menjadi rekomendasi adalah Lombok Epicentrum Mall. Ketiganya masih berada di seputaran Kota Mataram.

Lombok Epicentrum Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Lombok. Di Lombok Epicentrum Mall banyak yang bisa kalian temukan di sana. Ada toko pakaian dari ujung kepala sampai ujung kaki dari brand-brand ternama dalam dan luar negeri. Ada juga yang mau belanja makanan, di sana banyak toko kue dan juga restoran yang enak-enak.

Buat yang mau belanja groceries juga (mungkin tinggal di Lomboknya bakal lama) di mall ini bisa banget. If you want to buy good foods or branded clothes or wanna buy good coffee or wanna do grocery shopping just go to these three mall mentioned above. Khusus untuk Mataram Mall, di sekitarnya terdapat juga deretan toko oleh-oleh khas Lombok yang bisa jadi alternatif wisata belanja di Lombok untuk kalian.

2. Belanja di Pasar Tradisional Cakranegara

wisata belanja di Lombok

Pasar Cakra. Sumber: diskoperindag.mataramkota.go.id

Pasar Cakranegara atau Pasar Cakra merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Lombok. Letaknya masih di pusat Kota Mataram. Ada apa aja di Pasar Cakra? Sebenarnya Pasar Cakra sama aja seperti pasar tradisional pada umumnya.

Namun, kenapa pasar ini masuk rekomendasi yaitu karena di Pasar Cakra banyak yang menjual oleh-oleh khas Lombok seperti cemilan khas Lombok, pakaian dan kain khas Lombok. Jangan cuma masuk ke area dalam pasar, di area luar di sekitar Pasar Cakra juga terdapat toko souvenir khas Lombok yang dijual dengan harga realtif lebih murah (kalau pandai nawar).

3. Belanja di Pasar Seni Sayang-Sayang

wisata belanja di Lombok

Pasar seni. Sumber: diskoperindag.mataramkota.go.id

Sepanjang jalan Jl. Jendral Sudirman, Sayang-Sayang, Cakranegara. Banyak terdapat tempat belanja oleh-oleh Lombok. Banyak toko-toko kerajinan cukli khas Lombok di kiri dan kanan jalan. Ada juga kompleks pasar seni yang menjual beragam pernak pernik oleh oleh khas Lombok dengan berbagai pilihan.

Dulunya, saat bandara Lombok yaitu Bandara Selaparang belum dipindahkan ke Praya, Lombok Tengah sana, pasar ini merupakan tujuan utama wisata belanja di Lombok untuk para wisatawan. Meskipun bandaranya sudah pindah, para pedagangnya masih tetap berjualan dan tetap ada pelanggan yang datang meskipun tidak seramai dulu. Beragam benda seni dijual yang dijual yaitu seperti seperti gantungan kunci, gelang, cincin, asbak, gerabah, gangsing Lombok, ketak, kain tenun, kalung dan masih banyak lagi pernak-pernik lainnya.

4. Belanja di Kawasan Wisata Senggigi

wisata belanja di Lombok

Salah satu toko bukus ekaligus toko oleh-oleh khas lombok di Senggigi. Foto koleksi pribadi

Kawasan wisata Senggigi adalah salah satu surga wisata belanja di Lombok. Sebagai daerah tujuan wisata yang umurnya terbilang tua, Senggigi memiliki segala fasilitas yang mendukung terciptanya wisata yang mantap jiwa. Lah ngomong apa si ka? Yaa pokoknya gitu, bikin liburan kamu bakal terasa lengkap karena di daerah Senggigi banyak toko-toko yang berjejer menjajakan aneka oleh-oleh khas Lombok.

Mau cari apa aja ada. Seperti misalnya makanan khas Lombok, mutiara, pakaian, kain, kerajinan kayu, aksesoris dan masih banyak lagi oleh-oleh yang bisa kalian temukan di sana. Tinggal telusuri aja kawasan wisata Senggigi ini, kalau kalian punya banyak waktu untuk wisata belanja di Lombok dan tentunya juga punya banyak duit bisa deh tuh coba masuk ke satu per satu tokonya nyari segala macam yang kamu butuhkan untuk diboyong pulang sebagai oleh-oleh.

FYI, khusus untuk oleh-oleh, wisata belanja di Lombok bisa masuk mall atau masuk toko atau masuk pasar tradisional. Biasanya di sejumlah hotel di Kota Mataram, banyak penjual keliling yang menjajakan beraneka ragam oleh-oleh khas Lombok di depan hotel. Biasanya para pedagang ini menggelar jualannya di dekat pintu masuk hotel. Kalau kalian kebetulan nemu di jalan coba aja samperin dan jangan lupa nawar! Barang yang dijual biasanya adalah kaos-kaos bertuliskan Lombok, kain-kain tradisional Lombok dan juga mutiara.

wisata belanja di Lombok

Kain khas Lombok. Sumber: Sukarno

Dah gitu aja~

Ada promo tiket pesawat buat ke Lombok nih! Gak cuma itu aja, bisa jalan-jalan hemat dengan booking hotel murah dan paket tour. Yuk siap-siap liburan!

Tambahan nih info alamat lengkap sejumlah tempat  yang disebutkan di atas.

Lombok Epicentrum Mall – Jalan Sriwijaya No.333, Punia, Kec. Mataram, Kota Mataram

Mataram Mall – Komp Aphm Cilinaya, Jl. Pejanggik, Cakranegara Barat, Mataram

Lombok City Center – Jl. Ahmad Yani, Dasan Tereng, Narmada, Kabupaten Lombok Barat

Kawasan Wisata Senggigi – Jl. Raya Senggigi

Pasar Cakranegara – Jl. Selaparang, Cakranegara Tim., Cakranegara, Kota Mataram,

Pasar Seni Sayang sayang – Jl. Jendral Sudirman, Sayang sayang, Cakranegara

Dah ah, selamat membaca dan selamat wisata belanja di Lombok ~

(Visited 644 times, 4 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Wisata Belanja di Lombok, Kemana Aja? Ini Jawabannya' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool