pesona-lombok-sumbawa

Wisata di Sumbawa, Trekking Aja ke Air Terjun Agal

Wisata di Sumbawa, Trekking Aja ke Air Terjun Agal
Vote Us

Holla Ezytravelers! Artikel kali ini saya mau membahas tentang cerita wisata di Sumbawa yang sempat terpotong karena postingan beberapa artikel kuliner dan acara budaya terkini Lombok yang harus lebih dulu ter-publish di hellolombokku.com karena sesuatu dan lain hal. Sumbawa adalah saudaranya Lombok. Saudara yang lahir dari orang tua yang sama bernama Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jadi kalau kamu ke Lombok masukkan ke dalam agendamu untuk wisata di Sumbawa. Nggak kalah keren lho dari Lombok. Tak henti-hentinya saya bilang kalau Sumbawa itu punya daya tarik tersendiri yang bakal memperkaya pengalaman traveling kamu.

Jadi, kemana cerita wisata di Sumbawa kali ini? Seperti yang pada postingan lalu saya sudah bilang bakal ngajakin kalian ke salah satu air terjun yang katanya adalah salah satu dari yang tertinggi di Indonesia. Yak! Adanya di Sumbawa. Namanya Air Terjun Agal. Untuk menuju ke air terjun tersebut, kami (saya, kakak saya dan beberapa teman) terlebih dahulu berkendara dengan sepeda motor dari rumah menempuh perjalanan dari Lingsar, Lombok Barat menuju Pelabuhan Kayangan yang berada di Lombok Timur. Pelabuhan Kayangan merupakan penghubung antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Di Pelabuhan Kayangan kami menggunakan kapal feri sampai di Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa. Barulah kami melanjutkan kembali perjalanan dengan sepeda motor menuju ke lokasi tujuan utama, yaitu air terjun agal.

Kami belum pernah sama sekali ke air terjun agal ini. Jadilah kami memanfaatkan teknologi masa kini, eaaaa…yaitu google map! sebagai junjungan kami menapaki setiap jengkal tanah Sumbawa. Eaaaa lebay ya!😂 Bermodalkan google map, kami meluncur sekitar 23 kilometer dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat menuju ke Desa Marente, Alas, Sumbawa Besar yang merupakan lokasi dimana air terjun agal berada. Kami memulai perjalanan dari rumah seorang kawan yang sangat membantu kami mengarahkan kepada jalan yang baik dan benar untuk menuju ke lokasi (ngomomg apa ka😂) Kami diberi saran untuk menggunakan jasa guide setempat untuk menemani kami menyusuri hutan marente.

wisata-di-sumbawa

Maka berangkatlah kami menuju ke lokasi. Air terjun agal tersembunyi di tengah hutan. Menuju ke perkampungan Desa Marente Kami menggunakan sepeda motor dan parkir di tempat yang sudah disediakan (yang agak sepi tapi ternyata aman meninggalkan motor) lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke dalam hutan. Mula-mula kami harus menyusuri sungai yang dingin dan masih jernih menggoda bikin pengen nyemplung. Pembuka petualangan ke hutan yang menyenangkan dan menantang pikir saya. Sebenarnya, sungainya tidak begitu dalam. Tapi tetap saja bagi saya yang badannya kecil, kedalaman sungainya yang nggak seberapa bikin saya basah dari ujung kaki hingga pinggang. Dengan kata lain setengah badan saya pun basah.

wisata-di-sumbawa

Setelah melewati sungai tersebut, kami masih harus menyusuri hutan, dengan keadaan setengah badan saya yang basah. Tak apa pikir saya. Nikmati~ No matter what, i always trying to enjoy every single thing everytime i get the chance to walk into the wood. Dan untuk menemukan air terjun agal, menyusuri hutan yang masih sangat alami ini adalah sesuatu yang worth doing! Sepanjang perjalanan saya menikmati udara yang terasa begitu segar menyentuh setiap indra. Suara burung terdengar jelas seperti nyanyian yang menemani perjalanan. Pohon kopi tumbuh di sana sini dan banyak lagi tetumbuhan yang saya tidak tahu namanya apa memanjakan mata yang memandang kehijauannya. Hutan yang selalu tampak segar dan basah. Totally refreshing!

wisata-di-sumbawa

Kenikmatan perjalanan ini terasa cukup menggangu, lagi-lagi karena sendal yang saya pakai tidak nyaman karena memang bukan untuk trekking ke hutan. Rasanya lebih nyaman berjalan dengan tanpa alas kaki. Nggak patut dicontoh nih! Tapi entah kenapa bisa merasakan langsung menyentuh tanah dengan kaki tanpa alas memberi kebahagiaan bagi saya. Ada rasa semacam senang yang berlebih ketika kaki bisa mencumbui tanah, kerikil, hingga ranting dan dedaunan yang jatuh. Ada dingin yang menusuk tepat di telapak kaki. Tapi ada rasa hangat yang muncul tepat di hati. I dont know whether you guys understand or not what i said, but this is to let you know bahwa ada kebahagiaan kecil seperti itu. Boleh deh kalian coba (kalau pengen tahu rasanya atau kalau nggak ada kerjaan) Tapi sebenernya jangan ditiru sih ini, karena bahaya kalo nyeker kemudian medan yang ditempuh itu banyak kerikil dan duri. Kasian juga kakimu. Intinya hati-hati, liat kondisi dan medan yang dilalui.

Setelah berjalan menyusuri hutan, akhirnya kami sampai di air terjun agal. Ada 10 tingkat air terjun yang kami temukan, mulai dari ketinggian 3 meter hingga 10 meter, 7 tingkat pertama adalah air terjun kecil yang tampak seperti tangga tangga putih, kemudian 3 tingkat terakhir lebih tinggi dan terlihat lebih indah. Jika di taksir dari tingkatan terbawah, air terjun Agal memiliki ketinggian kurang lebih 300m (info dari ayokesumbawa(dot)wordpress(dot)com).

wisata di sumbawa

Ada promo tiket pesawat buat ke Lombok nih! Gak cuma itu aja, bisa jalan-jalan hemat dengan booking hotel murah dan paket tour. Yuk siap-siap liburan!

wisata di sumbawa

Sampai di lokasi, kami menikmati suasana. Foto-foto, duduk manis di pinggir sungai di bawah air terjun, mandi atau makan asal jangan pernah membuang sampah sembarangan. Jangan pernah meninggalkan sampahmu. Alam sudah berbaik hati untuk dinikmati jangan jadi jahat dengan merusak keindahan dengan buang sampah sembarangan. Nah singkatnya, begitulah cerita saya. Sumbawa selalu mampu menawarkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Kebanyakan kalau wisata di Sumbawa destinasinya memang tidak begitu menggema terdengar seperti kebanyakan wisata di Lombok. Beberapa tempat menarik juga cenderung sulit dijangkau tidak seperti tempat wisata pada umumnya yang sudah tertata.

wisata di sumbawa

Terutama ni ya bagi kalian yang memang pecinta wisata alam dan petualangan liar yang nggak mainstream, wisata di Sumbawa harus masuk dalam agenda travelingmu. Keterasingan dan keliaran alam Sumbawa mampu menarik perhatianmu dan mampu menawarkan sensasi baru.

Selamat mengeksplor dan menikmati pesona Lombok Sumbawa~

(Visited 87 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Wisata di Sumbawa, Trekking Aja ke Air Terjun Agal' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool