Wisata kampung desa setanggor

Wisata Kampung Nan Komplit di Desa Setanggor Lombok Tengah

Wisata Kampung Nan Komplit di Desa Setanggor Lombok Tengah
Vote Us

Apa pendapat Ezytravelers tentang  wisata kampung? Is it interesting enough to explore? For me, YES!

Saya selalu tertarik dengan inisiatif-inisiatif keren berbasis desa dan masyarakat. Rasa-rasanya tak ada pembangunan di tingkat nasional yang berarti tanpa gerakan dari bawah. Dan utamanya, gerakan ini di-inisiasi oleh mereka—masyarakat—bukan atas instruksi pemerintah. Inisiatif macam ini biasanya bertahan lebih lama, bahkan sustainable, karena dikembangkan atas dasar kesadaran masyarakat.

Hobi snorkling? Coba spot yang satu ini: Snorkling di pantai Mentigi

Di posting sebelumnya saya pernah menulis tentang, desa Kerujuk yang disulap menjadi desa ekowisata. Kini, selain desa Mas-Mas, ada lagi pilihan alternatif wisata kampung baru di Lombok Tengah, namanya desa Setanggor.

Desa Setanggor terletak di kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Nilai strategis pertama adalah jarak yang dekat dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Only 10-15 minutes ride!

Menuju wisata kampung nan komplit Setanggor

Menuju wisata kampung Setanggor!

Meski program wisata kampung ini baru-baru saja diluncurkan, namun konsepnya sudah cukup matang. Bayangkan saja, desa dengan 14 dusun ini bisa mengemas paket wisata komplit. Mulai dari wisata budaya sampai kuliner. Pilihannya pun beragam, ada yang hanya short time, dua sampai empat jam. Ada juga paket menginap yang memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mengeksplor lebih lama desa Setanggor dan berinteraksi dengan warga lokal.

Wisata kampung setanggor menawarkan banyak pilihan wisata

Welcome!

Sambutan pertama saat menjejak kaki di Setanggor adalah musik gendang beleq yang dimainkan warga. Nah! Setelahnya siapkan diri untuk touring cantik dengan cidomo Lombok. Hehehe..

Touring cantik wisata kampung

Touring cantik dengan cidomo

Sepanjang perjalanan kita akan melewati hijaunya persawahan dengan semilir angin dan keramahan para petani. Sure, wisatawan bisa banget ikut berinteraksi langsung dengan petani lho!

Persawahan hijau di kampung wisata setanggor

Green! (Photo: setanggor.id)

Apa saja yang ditawarkan wisata kampung Setanggor?

First, wisata tenun. Jangan salah lho, kalau Ezytravelers familiar dengan sentra tenun Sukarare, Setanggor juga punya tenun khasnya sendiri. Apalagi hampir setiap perempuan di Setanggor memiliki kemampuan dasar menenun. Iya, skill ini diturunkan dari ibu ke anak perempuannya. Begitu seterusnya. Dengan adanya sentra tenun, maka masyarakat tidak perlu lagi bekerja sendiri-sendiri menunggu pesanan atau menjual tenun sendiri. Secara kolektif mereka menjadi lebih mandiri. Di spot ini, Ezytravelers bisa banget mencoba menenun. Harga? Mulai dari Rp. 25.000 untuk selendang kecil sampai jutaan rupiah. Tinggal pilih sesuai selera.

Wisata kampung setanggor menawarkan wisata tenun

Menenun sudah biasa bagi perempuan Setanggor

Hasil tenun Cantik dari wisata kampung setanggor

Beautiful hand woven!

Kedua, wisata agro, alias wisata buah naga. Di desa Setanggor ada kebun buah naga milik warga seluas satu hektar. Pengunjung bisa menikmati buah naga dengan memetik sendiri langsung dari pohonnya (apalagi pas musimnya, duh bakal puas banget!). Oya, banyak juga warga di kampung ini yang menanam sawo di halaman rumah, which means di masa depan, ini bisa menjadi salah satu pilihan agrowisata.

Ketiga, wisata seni dan budaya. Disini, Ezytravelers bisa menikmati permainan musik dan tarian khas Sasak. Tidak hanya diperuntukkan bagi wisatawan, tempat ini menjadi ruang belajar anak-anak Setanggor untuk melestarikan budaya, khususnya musik dan tari. Eit, satu lagi. Wisata kampung Setanggor memiliki satu peninggalan sejarah dari masa lampau, yaitu gong berusia ratusan tahun. Tempat gong disimpan tak bisa dimasuki sembarang orang, harus izin terlebih dahulu pada penjaganya.

Wisata kampung dengan konsep budaya dan religi

Mau coba? Hehehe

Penduduk kampung ini sebagiannya juga bermata pencaharian sebagai peternak sapi. That’s why, point of interest berikutnya adalah wisata edukasi. Kerennya, limbah kotoran sapi di kampung ini diubah menjadi kompos dan bio urine. Pengunjung bisa melihat langsung aktifitas peternak dan proses pembuatan bio urine. Saat ini, penggunaanya masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, tapi tak menutup kemungkinan, di masa depan, industri bio urine, salah satunya akan berasal dari desa ini.

Edukasi Bio urine wisata kampung

Proses bio urine (photo: setamggor.id)

Next, wisata kuliner. Makanan yang disajikan fresh dari dapur warga. Snacking time disajikan dari kebun singkong milik warga. Biasa, namun bagi masyarakat urban dan turis asing, bisa jadi aktifitas mencabut singkong sendiri menjadi pengalaman luar biasa. Oya, di malam hari alias dinner, pengunjung akan makan malam diatas sungai kecil beralas rakit bambu dan sinar lampu temaram. Romantis!

Dinner wisata kampung

Dinner ala Setanggor! Hehe

Persiapan dinner wisata kampung

Tampilan resto apung setanggor before night

Pengalaman yang didapat rasanya jauh lebih murah dibanding harga paket. Untuk paket stay komplit dengan service 3 kali makan plus menginap di rumah warga, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 300.000. Short time visit, for only Rp.125.000. It’s more than just worth it, euyy!

Wanna get some bonus?

Just drive straight, dan Ezytravelers akan sampai di bendungan Pengge. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Asyik!

Bendungan pengge dekat wisata kampung setanggor

Cakep! Sayang banyak eceng gondoknya

Not that kind of mainstream spots, tapi buat Ezytravelers yang ingin mencoba pengalaman baru, wisata kampung ala Setanggor ini reccomended banget! Yuk!

 

“Intip tiket pesawat, promo
hotel dan paket tour yang tepat untuk liburan Ezytravelers di SINI” Tiket Pesawat ke Lombok, Indonesia Holidays Package, dan Hotel di
Lombok
(Visited 629 times, 3 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Wisata Kampung Nan Komplit di Desa Setanggor Lombok Tengah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool