Homestay H Radiah Lendang Nangka Lombok

Wisata Kearifan Lokal di Homestay H Radiah

Vote Us

Halo hai Ezytravelers, masih juga kurang lengkap dengan rujukan terkini destinasi wisata di Lombok?

Tenang. Masih selalu ada spot-spot seru yang menantang untuk dikunjungi plus berikan kesan lebih dari sekadar having fun. Apalagi nih? Paket wisata komplit dan khas di Homestay Haji Radiah, Lendang Nangka, Lombok Timur. Wisata kearifan lokal dengan berbagai praktek langsung pembuatan kerajinan khas Lombok.

Meski minus acara seseruan di pantai, yakin banget Ezytravelers jatuh hati pada momen berlibur yang dihabiskan di salah satu homestay tertua di daerah timur Lombok ini. Adalah Haji Radiah, seorang guru yang mengajar di satu sekolah dasar di desa Tete Batu, menjadi pioneer dari dijalankannya berbagai macam paket wisata menarik di homestay yang juga dinamai persis sesuai nama beliau. Berlokasi di salah satu ruas jalan utama desa Lendang Nangka, Homestay H Radiah mudah diakses dari spot mana saja di Lombok.

Semakin membludaknya kunjungan wisatawan manca yang saat itu famous dengan sebutan ‘Belande’ (spelling e pada kata ketan), membuat mereka tergerak untuk menginap di kediaman H Radiah serta tinggal bersama keluarga besarnya. Tahun ke tahun, pengalaman sederhana namun berkesan tersebut terus berulang sehingga pada tahun delapan puluhan (selang sepuluh tahun sejak mulai menemani tamu yang kunjungi desa Tete Batu) H Radiah memutuskan menambah beberapa kamar sebagai tempat menginap para tamu.

Homestay H Radiah semakin ramai, bahkan sampai harus menitipkan para tamu untuk menginap di rumah-rumah keluarga lainnya, bahkan tetangga. Wah, wisata kearifan lokal benar-benar mampu menjadi magnet yang membuat Lendang Nangka dan sekitarnya intens dikunjungi para wisatawan mancanegara.

Wisata Kearifan Lokal di depan Musium Alat Pertanian Homestay H Radiah

Wisata Kearifan Lokal di depan Musium Alat Pertanian Homestay H Radiah

Sharing Wisata Kearifan Lokal Homestay H Radiah

Sharing Wisata Kearifan Lokal Homestay H Radiah

Trip awal dimulai dengan Morning Walks. Berjalan kaki di pematang sawah, dapatkan pemandangan cantik alami dan udara segar khas pedesaan. Tour guide juga akan kisahkan nilai-nilai filosofis yang dianut serta masih dijalankan para petani di desa Lendang Nangka.

Snorkeling di Gili Nanggu? Jangan lupa juga: Mampir ke Gili Kedis demi 7 Alasan Seru Ini!!

Kembali dari Morning Walks, banyak jenis dan spot pembuatan kerajinan khas yang bisa dipilih buat dikunjungi, bahkan bisa sekalian praktek langsung cara membuatnya. Ada kerajinan perak atau tembaga, pandai besi, kreasi dari lidi dan tanduk. Di desa tetangga, ada sentra kerajinan bambu di desa Loyok atau tenun gedogan Pringgasela.

Belajar Kerajinan Khas di Homestay H Radiah

Belajar Kerajinan Khas di Homestay H Radiah

Saya sih memilih habiskan hari di sekitar Homestay H Radiah dulu. Selepas morning walks yang menyegarkan, berkeliling di musium pertanian dan dapur tradisional. Duh, jadi pengen rikues praktek menggoreng biji kopi deh. Wajan gerabah di atas salah satu tungku tampak sangat mengundang. Wangi kopi dari tanah Lendang Nangka pasti berkesan banget, apalagi kalo ngopi sorenya ditemani paket Jaje Tujak dan tape ketan manis. Syedddaaappp..

Dapur Tradisional Homestay H Radiah

Dapur Tradisional Homestay H Radiah

Puas dengan pengetahuan baru tentang kearifan masyarakat Lendang Nangka, menyempurna di momen makan siang. Hidangan dari menu-menu keseharian penduduk desa disajikan di atas wadah-wadah gerabah berikan sensasi berbeda dari momen sama saat di rumah.

Nah, keseruan berikutnya, praktek kerajinan khas Lombok. Saya memilih praktek menenun. Rasakan langsung proses menenun yang tampak sederhana namun ternyata cukup sulit saat dilakukan sendiri. Pemandu harus seringkali mengingatkan saya untuk berikan hentakan keras agar jalinan benang tenun saling menjalin kuat.

Belum lagi hapalan serta hitungan memasukkan gumpalan benang warna tertentu agar motif yang ingin ditenun sesuai dengan motif yang diniatkan di awal. Huwwooo, memang paling benar langsung membeli tenunan jadi saja yak!! Eh..

Makan Siang Menu Khas Homestay H Radiah

Makan Siang Menu Khas Homestay H Radiah

Cari penginapan murah & cari tiket pesawat murah buat ke Lombok? Ayo cari sekarang mumpung lagi banyak promo. Ada paket tour spesial juga lho buat Ezytravelers!

Trip sehari di atas masih bisa juga lho ditutup dengan soft trekking ke mata air Tojang dengan perjalanan kaki sekitar 1.5 km. Saya sih tadi sudah meminta sekalian pas morning walks. Kesan indah saat saksikan sinar matahari pagi di sela rimbun pokok bambu dan pepohonan di sepanjang perjalanan selalu menjadi satu momen nyandu dari sekian banyak trip yang pernah saya lakukan. Ezytravelers boleh banget minta trip yang sama, entah di momen morning walks seperti saya di atas, atau saat sore hari.

Sekarang, sudah dapatkan bocoran komplit paket wisata kearifan lokal saat staycation hangat di Homestay Haji Radiah Lendang Nangka, cus buruan intip promo tiket pesawat dan skedul cuti atau weekend panjang Ezytravelers. Jadikan momen berlibur di Lombok tinggalkan kesan mendalam, seseruan basah-basahan dan foto trip di pantai-pantai cantik plus pengetahuan baru tentang kearifan lokal masyarakat Lombok, khususnya warga desa Lendang Nangka Lombok Timur. Have fun Ezytravelers!!

 

(Visited 175 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Wisata Kearifan Lokal di Homestay H Radiah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool