Wisata kuliner nasi pagutan Lombok

Nasi Pagutan Lombok, Wisata Kuliner Murah Meriah!

Vote Us

Siapa bilang makan enak harus dengan bujet mahal? Hari gini ada banyaaaaak pilihan kuliner yang hemat di kantong tapi rasanya nggak kalah dengan kuliner resto mahal. Nah! Ezytravelers yang doyan kulineran pasti getol mencari tempat makan murah meriah. Masalah rasa memang relatif sih, tapi at least makin sering nongki di tempat makan, makin banyak referensi seputar kuliner. Lombok bagaimana? Yuhuuuu, no worries pilihan wisata kuliner di Lombok, bisa banget memanjakan lidah kamu. Hihihi..

Postingan kali ini, saya akan merekomendasikan menu murah meriah yang wajib banget ezytraveler coba saat berlibur di Lombok. Heeuuu..namanya nasi ebatan atau lebih dikenal dengan nasi Pagutan. Meski ada juga yang berjualan kuliner sejenis, tapi nasi ebatan di warung Arrizal adalah yang paling oke versi saya. Yep, warung ini ada di kawasan Pagutan, Mataram.

Kawasan Pagutan, belakangan menjadi surga baru bagi penikmat wisata kuliner, khusunya untuk aneka street food alias warung kaki lima. Aneka pilihan menu wisata kuliner Lombok tersaji apik di depan mata, terutama saat malam hari. Nggak Cuma itu, aneka lalapan, ayam taliwang Lombok dan hingga snack kekinian juga bisa didapat di kawasan ini.

Deretan Warung wisata kuliner

Deretan warung tenda di kawasan Pagutan

Pagutan memang sudah sejak lama terkenal lantaran citarasa kuliner yang memikat lidah. Diantara banyak kuliner lainnya, nasi Pagutan Arrizal adalah salah satu yang famous dan sudah punya pelanggan setia. Warung ini namanya sudah kesohor kemana-mana. Wajar, kalau pembeli rela mengantri. Pelanggannya mulai dari masyarakat sekitar sampai pegawai kantoran.

Wisata kuliner nasi pagutan

Front view! (Foto: D’Onk)

Emang apa bedanya dengan nasi di warung lain?

Nah, berhubung saya adalah salah seorang pelanggan tetap warung ini, semoga some of my points, may help!

Alasan pertama saya adalah karena adanya lauk sayur ebatan. Ebatan ini adalah sejenis urap yang terbuat dari daun belimbing, yang sebelumnya sudah direndam dengan semacam kuah kari atau opor hingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas pada urap tersebut. Makanan dengan menu urap Lombok tersedia di banyak tempat makan, tapi tak banyak yang menyediakan ebatan. Entah kenapa, setiap kali menikmati nasi dengan lauk ebatan pasti bikin nambah. Hehe.

Wisata kuliner nasi ebatan

Look yang sangat menggoda (Foto: M.Shafwan)

Alasan kedua adalah, sensasi pedasnya yang pas mantap! Lombok memang dikenal dengan aneka kuliner pedasnya. Nah perpaduan bumbu dalam lauk di nasi ini punya rasa pedas yang pas dan dijamin bakal bikin pembelinya ketagihan. Rasa pedas ini makin mantap karena didukung oleh nasi putih pulen yang masih panas.

Lezatnya wisata kuliner lombok

Nasi panas bin pulen (Foto: Nunung)

Alasan ketiga adalah campuran lauk di dalamnya. Iya, dalam satu porsi nasi ada aneka lauk khas pulau Lombok yang masing-masing jumlahnya hanya sedikit alias secukupnya namun saat digabung menghasilkan perpaduan menu yang bikin nagih. Ebatan, pelalah ayam kampung, abon, tempe suwir, serundeng, beberok, wewww….they are all so yummy!

Wisata kuliner lombok serba pedas

Kuliner serba pedas! (Foto: M.Shafwan)

Alasan yang nggak boleh dilupakan adalah harganya yang bersahabat banget di kantong. Nasi ebatan ini bisa dibeli mulai harga Rp.5000. Yummy yet affordable! Wewww, nikmat wisata kuliner Lombok mana lagi yang kamu dustakan? Hehe..

Untuk lokasi, keberadaan warung nasi Arrizal ini terbilang sangat mudah dijangkau.Yep, dari jalur utama pagutan terus sampai di perempatan pasar Pagutan, belok kiri ke arah Peresak, dan tinggal cari warung tersebut. Kalau khawatir nyasar tinggal tanya masyarakat sekitar.

Wisata kuliner murah meriah

Siap melayani pembeli! (Foto: M.Shafwan)

Kelebihan lainnya adalah adanya dapur terbuka, hehe. Artinya, sambil menunggu pesanan, pembeli bisa sambil melihat proses memasak yang dilakukan. Awe! Another kitchen touring in Lombok!

Wisata kuliner khas lombok

Dapur terbuka (Foto: D’Onk)

Pssst, jalan-jalan hemat ke Lombok? Kenapa enggak? Ambil promonya di: Tiket pesawat Jakarta Lombok, Hotel di lombok. Ada Paket tour murah keliling dunia juga!

Warung nasi ini biasanya buka mulai pagi hari hingga sore hari. Pilihannya bisa drive thru atau menikmati makanan di tempat. Dua-duanya sama-sama mantap!

Selain nasi, beberapa cemilan khas untuk teman makan seperti kerupuk kulit atau peyek juga ada disini.

Wisata kuliner kerupuk kulit sapi

Kerupuk kulit sapi (Foto: D’onk)

Nah, jika Ezytravelers sedang ada di pulau ini dan ingin berburu wisata kuliner  yang murah meriah, maka warung nasi ini adalah salah satu rekomendasi saya.

This is one of places that represent lombok culinary very well!

(Visited 279 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Nasi Pagutan Lombok, Wisata Kuliner Murah Meriah!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool