wisata lombok

Wisata Lombok? Nyobain Rafting, Hal Baru Yang Seru!

Wisata Lombok? Nyobain Rafting, Hal Baru Yang Seru!
Vote Us

Saya ingat pernah membaca sebuah quote “Don’t let fear or insecurity stop you from trying new things”. Kutipan tadi sangat berhubungan dengan apa yang bakal saya bahas soal wisata Lombok yang satu ini. Trying new things! That is what i am going to tell you here. Bukan tentang cerita jalan-jalan ke pantai-pantai di Lombok yang sudah terkenal akan cantik dan eksotisnya. Bukan juga soal jalan-jalan ke air terjun yang tersebar sana-sini di Lombok. Apalagi cerita soal mendaki gunung lewati lembah yang sudah sering dibahas di tulisan-tulisan sebelumnya. Bukaaan. Bukan itu. Terus soal apa cerita jalan-jalan kali ini? Nih simakin! Yang jelas, wisata Lombok yang ini beda dari yang sebelumnya.

Get ready for wisata lombok rafting!

Get ready!

Suatu hari di minggu pagi yang cerah ceria, dengan beberapa teman saya pergi seseruan dengan tujuan kami adalah salah satu daerah di Lombok Barat. Di sini kami bakal mencoba salah satu olahraga juga wisata Lombok yang cukup memacu adrenalin yaitu arung jeram atau yang juga biasa disebut dengan rafting. Lah? Rafting di Lombok? Emangnya ada? Serius kita bisa wisata rafting di Lombok? Bisaaaa dongggg…. Lombok itu nggak melulu soal pantai dan gunung kok. Ada juga terbentang panjang sungai-sungai yang berpotensi banget untuk wisata arung jeram di Lombok, seperti salah satu sungai di Lombok yang akan kita arungi kali ini, yaitu sungai Jangkok. It was my first experience and i was really excited untuk rafting Lombok ini.

Sarapan dulu geng! Sebelum memulai wisata lombok rafting

Sarapan dulu geng!

Jadi, pagi-pagi sekali perjalanan kami mulai dari tempat kumpul lalu menuju ke lokasi wisata rafting yang ada di di desa Batu Mekar, Lingsar, Lombok Barat yang jaraknya tidak begitu jauh dari Mataram. Sesampainya di basecamp Lombok rafting, kami ngeteh-ngeteh, cemil-cemil dulu isi perut biar nggak keroncongan pas main air. Sarapan beres, lalu pasang pelampung dan helm sudah beres, kemudian kami meluncur menuju tempat start arung jeram yang berada tidak jauh dari basecamp. Kami menuju lokasi start menggunakan mobil bak terbuka. Everyone seemed so excited! Termasuk juga saya tentunya! Hah!

Let's gooooooo wisata lombok rafting

Let’s gooooooo

 

Perjalanan yang menyenangkan sekaligus menegangkan dari cerita wisata rafting di Lombok ini dimulai sedari kami diantar menuju lokasi start rafting-nya. Seruuuu paraaah! Kami naik mobil bak terbuka melewati persawahan desa yang masih asri. Jalanan yang masih alami. Jalanan yang gradak gruduk atau bahasa kerennya off road membuat kami terkoyak macam berasa mie remes lalu di shake (umpama macam apa ini?) ketika melewati jalanan yang berkerikil lalu berbatu dan kemudian lewat gundukan. Ini pengalaman pertama saya terkoyak-koyak di jalanan off road! Hah! Baru segini aja sudah seru, pikir saya. jadi semakin nggak sabaran rafting-nya seperti apa.

Parkir disini! sebelum memulai wisata lombok rafting

Parkir di sini!

Mobil yang membawa kami berhenti melaju di halaman rumah warga yang ternyata merupakan lokasi parkir. Dari sini kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju hulu sungai. Semacam soft and short trekking! Yay! I always love trekking. Sambil berjalan kami haha-hihi nyanyi-nyayi. Pokoknya seru dan nggak pernah sepi. Rameeee. Jadi nggak berasa lelahnya. Cuma beberapa menit saja jalan kaki, sampailah kami di hulu sungai dan satu persatu perahu karet yang kami tumpangi mulai meluncur mengarungi sungai di air yang masih kalem-kalem aja pada awalnya. Yhaaaa namanya juga arung jeram, nggak selamanya sungai yang kita arungi kalem adem ayem. Jadi, selama mengarungi Sungai Jangkok yang panjangnya sekitar 6.5 km ini, kami menemui beberapa jeram yang mulai ekstrim.

Trekking sedikit ke hulu sungai sebelum memulai wisata lombok rafting

Trekking sedikit ke hulu sungai

 

Meluncur arung jeram~~~ cobain wisata lombok rafting gaesss

Meluncur~~~

Jeram pertama yang kami lewati dinamakan jeram welcome atau jeram selamat datang yang jadi pembuka awal keseruan terkoyak koyak riak air sungai Jangkok. Jeram-jeram selanjutnya yang saya ingat, jeram entah lupa namanya apa yang katanya tingginya sekitar  3 – 5 meter. Kami yang rasa-rasanya nggak akan berani untuk mengarungi jeram tersebut memilih alternatif lain untuk melanjutkan ke lokasi selanjutnya yaitu dengan berjalan kaki melewati persawahan. Sementara beberapa teman yang memang merasa kuat dan tabah menghadapi jeram yang seram tadi pun terus meluncur mengarungi sungai. Saya tidak merasa rugi sedikitpun karena melewati keseruan jeram seram itu, karena dengan berjalan pun kami dimanjakan dengan pemandangan hijau persawahan yang sooo refreshing.

Lewat sawah hijau bagian dari trek yang dilewati saat wisata lombok rafting

Lewat sawah hijauuuu

 

Jump! is another part of wisata lombok rafting

Jump!

Kemudian sampailah kami di sebuah tebing yang di bawahnya adalah aliran sungai yang dimana juga menjadi tempat kita ketemu lagi dengan teman-teman tadi yang tetap meluncur. Kami yang tadi memilih berjalan, harus loncat dari tebing ke sungai. Oh damn! Loncat dari ketinggian. Nengok ke bawah sungai dari ketinggian 5 meter ini aja kaki saya rasanya gemeteran. Dan saya harus loncat? Awalnya takut dan ragu terlebih saya nggak bisa berenang, takut tenggelam pas loncat padahal sudah pakai pelampung. Dan untuk menghilangkan ketakutan juga keraguan kami melontarkan kata-kata yang semacam mantra nggak penting juga melakukan gerakan-gerakan konyol yang justru malah mengundang tawa. Kocak!

Dan giliran saya! tu…wa… ga…! Loncat! Yas i did it! I did my first 5 km jump to the river! And i am still alive! Hahahaha…Setelah berhasil loncat itu rasanya langsung plong! Seumur-umur saya nggak pernah melakukan lompatan macam begini. Dan ternyata seruuuuuuu meskipun awalnya ragu. Fiuuhhhh

Wisata lombok nggak cuma pantai dan gunun, cobain nih ada wisata lombok rafting juga!

Wisata lombok nggak cuma pantai dan gunung, nih ada wisata rafting juga!

Perjalanan pun berlanjut menuju jeram-jeram selanjutnya, ada yang namanya jeram kandang yang lokasinya tepat berada di bawah jembatan yang berdekatan dengan kandang sapi warga sekitar, kemudian ada lagi jeram bidadari. Nah melewati jeram-jeram ini kita bisa melihat penampakan-penampakan bidadari dan bidadara yang sedang mandi di sungai. LOL. Selain mandi, juga ada yang lagi nyuci sampai mancing di pinggir sungai. Pemandangan langka, apalagi bagi yang biasa tinggal di kota. Huwaaaa setelah hampir dua jam-an tidak nyaman terkoyak-koyak riak tapi menyenangkan, akhirnya sampai juga di lokasi finish-nya rafting ini. Benar-benar pengalaman baru wisata Lombok yang seru bagi saya. Kamu yang nggak pernah sama sekali kudu banget wajib mesti cobain wisata Lombok yang satu ini! Yoksss!

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Promo Menarik, Paket Perjalanan Wisata, dan Booking Tiket Pesawat
(Visited 355 times, 1 visits today)


About

wandergirl | a lil daughter | weirdo | journeylist


'Wisata Lombok? Nyobain Rafting, Hal Baru Yang Seru!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool