Wisata religi masjid cina di Lombok

Unik! Wisata Religi di Masjid Klenteng Lombok

Vote Us

Salah seorang teman saya punya hobi wisata yang cukup unik: wisata religi. Selain wisata alam, maka teman saya tadi biasanya menghabiskan waktu jalan-jalan ke berbagai spot yang punya unsur religi. Di lombok sendiri, unsur religiusitas suatu tempat umumnya tak lepas dari kegiatan budaya, adat, dan sejarah. Misalnya saja, Makam Loang Baloq atau yang tak cuma sekedar makam ulama namun dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar ritual kepercayaan adat.

Tambah referensi kamu tentang batik unik khas tiga suku di NTB: Batik Sasambo

Di Lombok yang dikenal dengan pulau seribu masjid ini memang tak sulit mencari masjid. Jika dikemas dengan apik, wisata berburu masjid unik ini bisa saja menjadi paket wisata religi berbalut sejarah dan budaya.

Meski tidak kuno, masjid kecil a.k.a musholla yang akan saya bahas di postingan kali ini terbilang masjid unik dan bisa menambah daftar wisata religi: must-visit spot saat berkunjung ke Lombok.

Ini dia wisata religi masjid di Lombok Barat

Taman menuju main venue! (foto: Mala)

Nama mushalla ini adalah Al-Ridwan. Mungkin namanya terinspirasi dari tokoh malaikat Ridwan yang dalam kepercayaan umat Islam bertugas mencatat amal kebaikan. Hehehe..mengingat nama tersebut sama sekali tak ada kaitannya dengan si empunya musholla.

Mushalla ini dibangun oleh Ang Thian Kok beserta istrinya, muallaf keturunan Tionghoa yang berganti nama menjadi H.Ahmad Maliki. That’s why, musholla ini punya arsitektur yang unik. Orang-orang pun menyebutnya dengan nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya masjid Cina, masjid Klenteng karena bentuknya mirip wihara, atau masjid Merah karena warnanya yang dominan merah.

Pilihan wisata religi di Lombok

Tampilan masjid dari kejauhan

Hal menarik pertama menurut saya adalah lokasi. Mushalla ini terletak di dusun Jurang Malang, desa Sesaot. Main ke Sesaot dan puas mandi di Aik Nyet, Ezytravelers bisa mampir disini untuk melepas lelah sambil foto-foto. Lokasinya pun tak jauh dari main street Sesaot. You just have to go straight menuju dusun Jurang Malang. Di sebelah kiri nantinya akan ada gerbang putih besar yang menandai area mushalla ini. Area yang dimaksud sebetulnya terletak di bagian rumah pemilik, namun posisinya sengaja dibangun lebih tinggi. Jika tak salah hitung, ada 30 anak tangga yang kita naiki untuk sampai di atas.

Musholla ini dikelilingi oleh dua taman cantik. Satu ada di bagian bawah tangga menuju mushalla, dan satu lagi taman yang mengeliling mushalla. Meski tak semeriah taman pada umumnya, namun keberadaan pepohonan dan bunga menjadikan area mushalla terlihat apik dan asri. Warna Mushalla Al-Ridwan ini dominan merah. Warna khas etnik Tionghoa. Atapnya sengaja dibuat bertingkat khas bangunan etnik Tionghoa dengan total look bangunan berbentuk segi enam. Bagian dalam tidak jauh berbeda dengan mushalla pada umumnya.

Wisata religi masjid Cina di Lombok

Not bad for group photo (foto: Rena)

Selain digunakan sebagai tempat peribadatan harian, mushalla ini juga acapkali digunakan sebagai venue pengajian dan kegiatan kampung, termasuk prosesi akad nikah. Poin menarik yang menjadi nilai plus saat mushalla ini dijadikan spot wisata religi Lombok adalah nilai historik dibalik berdirinya. H.Ahmad Maliki meniatkan mushalla ini sebagai salah satu bentuk sumbangsihnya untuk membangun lokal. Ia dengan sengaja meminta masyarakat untuk menjadikan mushalla sebagai sentra kegiatan kampung. Jika kebetulan bertemu, maka beliau akan meluangkan waktu untuk sharing dengan pengunjung.

Pilihan spot wisata religi di Lombok

Desain bangunan unik dengan warna dominan merah (foto: Rena)

Mengingat tidak banyak tempat wisata dengan sentuhan taste Tionghoa (jika tidak bisa dikatakan tidak ada) maka spot wisata religi satu ini cukup membantu untuk sekedar jadi pojok foto. Warna dominan merah dengan atap bertingkat dan ciri khas segi enam cukup mewakili kekhasan bangunan Tionghoa.

Well, meski belum mampu menjadi  tujuan utama, setidaknya keberadaan masjid cina ini bisa menambah daftar tempat untuk dikunjungi atau sekedar diceritakan kepada traveler dari luar daerah. Later in the future, jika digarap serius maka pilihan wisata dengan tujuan religi, budaya atau sejarah bisa menjadi nilai jual yang tidak kalah menariknya di pulau ini.

Masjid Klenteng pilihan spot wisata religi di Lombok

Yuhuuuu.. (foto: Rena)

Sesekali kita perlu mengunjungi tempat-tempat yang dianggap biasa dan mencari sesuatu yang tidak biasa di tempat tersebut. Since travelling is always about your personal taste, why not give it a try. Dan Lombok punya segudang pilihan wisata, termasuk tempat-tempat yang nggak mainstream.

It’s time to pack your backpack, book a flight to Lombok, and have fun!

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel di Mataram, Tour Murah, dan Booking Tiket Pesawat
(Visited 1,112 times, 1 visits today)


About

Traveling is a personal way to find yourself. Get lost, and expand your horizon!


'Unik! Wisata Religi di Masjid Klenteng Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool