Makam Selaparang

Wisata Religi Lombok, Makam Selaparang, Jejak Sang Raja Sasak (Part 1)

Wisata Religi Lombok, Makam Selaparang, Jejak Sang Raja Sasak (Part 1)
3.67 (73.33%) 3 votes

Di salah satu grup sosmed terbaru yang saya ikuti, ada informasi tentang asal-usul penggunaan nama Lalu di depan nama lelaki keturunan Sasak. Bahwa ternyata, gelar Lalu tersebut justru merupakan pengaruh dari penggunaan gelar yang sama pada keluarga Kerajaan Sumbawa. Pembeda hanya pada proses penamaan keturunan, dimana pada keluarga Kerajaan Sumbawa, gelar Lalu hanya bisa diteruskan jika pernikahan juga dengan keluarga kerajaan. Hal berbeda di keluarga Sasak, gelar Lalu diteruskan keturunan berdasarkan garis patrial-garis ayah. Jika ibu berasal dari warga kebanyakan (biasa), gelar Lalu masih disematkan pada keturunannya. Informasi yang masih harus diteliti lebih dalam, dan akan jauh lebih baik jika penelitian ini ilmiah. Berdasar pada referensi-referensi terpercaya dan saling berkait dengan referensi-referensi resmi lainnya. Sebuah peer untuk setiap generasi Sasak dimana pun berada.

Kembali ke trah Sasak, salah satu jejak yang masih bisa dinikmati di hampir seperempat abad millenium ini, yaitu Makam Selaparang. Dipercaya sebagai makam dari trah Kerajaan Selaparang, juga satu lokasi petilasan Mahapatih Gadjah Mada dari kerajaan hindu tertua Indonesia, Majapahit.

Makam Selaparang

Rimbunnya pepohonan di area Makam Selaparang

Lokasi makam dikelilingi pagar batu cukup tinggi dengan gerbang dari pintu kayu tua yang tebal. Di luar hari berkunjung wisatawan (lokal atau luar), pintu terbuka. Namun pesan di sebelah kanan pintu masuk yang meminta dilepasnya alas kaki, juga mematikan gadget, saya yakin lebih sebagai usaha menjaga kebersihan makam serta penghormatan pada leluhur yang terbaring di makam-makam yang ada.

Makam Selaparang

Disclaimer Visitor, Yang Manut Yak ^_^

Makam Selaparang

Gerbang masuk kompleks Makam Selaparang. Yang kecil dan ngganteng di kanan, anak saya ya, bukan juru kunci makam 😛

Makam Selaparang

Nisan besar dan keci di Makam Selaparang

Menapaki jejak batu selepas pintu masuk, beberapa makam yang terbesar dari makam-makam lainnya sangat mencolok. Pun karena nisan-nisan di makam-makam besar tersebut memiliki pola hias dan ukir yang berbeda.

Meski belum mendapat penjelasan mengenai perbedaan pola hias dan ukir dari nisan di makam ini (akan diuraikan di tulisan berikutnya), keberadaannya cukup mengundang rasa ingin tahu. Mengingat selain makam-makam besar ini, ada juga beberapa kubur kecil dengan nisan batu biasa.

Makam Selaparang

Salah satu nisan besar di dekat pintu masuk makam

Satu kompleks dengan makam, seingat saya terdapat bangunan yang berfungsi sebagai museum (kunjungan masa kecil dulu). Museum yang menyimpan gerabah, keramik, koleksi keris serta kisah tentang keluarga Kerajaan Selaparang. Sayang, tokoh adat yang juga bertanggung-jawab dengan bangunan ini sedang keluar kota, sehingga saya tidak bisa berkunjung ke museum ini (terakhir berkunjung di April 2015 lalu, bangunan tampak seperti rumah tinggal biasa).

Yang terbaik dari kompleks ini, alih-alih merasa seram, yang menguar di hati justru rasa yang tak tergambarkan kata-kata. Menjadi bagian dari satu suku dari ribuan suku di Indonesia, meski bukan trah raja, jejak masa lalu yang tertinggal di kompleks makam ini terasa menjadi magnet luarbiasa kuat. Keingintahuan tentang cerita kerajaan Sasak di masa lalu.

Selain jejak Kerajaan Selaparang, satu hal yang membuat makam ini melekat di memori dan hati saya, saat kecil dulu keluarga besar almarhum kakek saya yang pernah menikah 10 kali, membawa hampir semua anak-cucu dari 8 mantan istri dan 2 istri beliau yang masih terikat, berwisata bersama ke lokasi ini. Momen berkumpul yang tak lekang oleh kenangan lain setelahnya.

Salam travel..

(Visited 1,184 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Wisata Religi Lombok, Makam Selaparang, Jejak Sang Raja Sasak (Part 1)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool