Wisata Tradisional Lombok Balap Cikar Masbagik Timur

Wisata Tradisional, Balap Cikar Masbagik Lombok

Vote Us

Ezytravelers sudah tahu moda transportasi tradisional di Lombok? Femes disebut Cidomo, nama moda ini singkatan dari Cikar untuk bodi yang terbuat dari kayu, Dokar dari sebutan umum ‘jenis kendaraan’ ini dan Montor karena roda penariknya dari ban bekas mobil. Nah, salah satu wisata tradisional Lombok nan seru sekarang bukan saja sekadar menaiki cidomo dan keliling-keliling cantik, namun sudah ada lombanya! Tepatnya di Masbagik Timur, salah satu wilayah dari kecamatan Masbagik di kabupaten Lombok Timur menyelenggarakan acara balapan cikar ini. Alternatif tontonan wisata tradisional Lombok baru selain berbagai macam ritual adat lainnya di wilayah timur pulau Lombok.

 

Ini dia spot snorkeling Lombok: Yuk seseruan di spot Pantai Mentigi KLU..
Wisata Tradisional Cidomo Lobar

Wisata Tradisional Cidomo Lobar

Wisata Tradisional Cidomo Lotim

Wisata Tradisional Cidomo Lotim

Sssttt, umumnya disebut cidomo, ‘penampakan’ becak a la Lombok juga berbeda-beda lho di masing-masing kabupaten. Perbedaan mencolok ya antara cidomo di ujung barat Lombok atau kabupaten Lombok Barat (Lobar) dan Utara dengan yang ada di daerah kelahiran saya, Lombok Timur (Lotim). Terbesar di bodi serta aksesoris cidomo. Bodi cidomo di Lobar relatif lebar dan bisa menampung sampai belasan penumpang (spesial note,penumpangnya ramping-ramping yak! 😀 ). Sebaliknya, cidomo di Lotim karena bodi sempit maksimal hanya bisa memuat enam atau tujuh penumpang. Itu pun pak kusir yang memandu kuda terpaksa tergusur, nyangklong di sayap kanan cidomo.

Nah, sudah tahu sedikit ‘sejarah’ cidomo Lombok, yuk balik ke keseruan saksikan balapan di Masbagik Timur Lotim. Dihelat di dua pekan terakhir Januari lalu, masyarakat Masbagik Timur laksanakan balapan ini sebagai menjaga tradisi setempat. Di samping memang cidomo telah eksis menjadi moda transportasi sebagian besar masyarakat di Lotim, di sepanjang ruas jalan utama di dekat pasar Paok Motong (termasuk kecamatan Masbagik) terdapat toko khusus yang sediakan pernak-pernik hiasan atau aksesoris cidomo juga alat-alat umum yang dibutuhkan. Kelekatan yang membuat masyarakat Masbagik Timur menjadikan acara balapan menjadi salah satu cara menjaga kelestarian cidomo itu sendiri.

Wisata Tradisional Lombok Cikar Gerotak

Wisata Tradisional Lombok Cikar Gerotak

Wisata Tradisional Lombok Balap Cikar

Wisata Tradisional Lombok Balap Cikar

Entah karena mengutamakan kecepatan, peserta balapan bukan cidomo-cidomo Lotim yang jamak beroperasi di sebagian besar pasar tradisional tetapi cikar-cikar atau cidomo tak beratap plus minus aksesoris. Kuda-kuda penarik juga tanpa tapal alias sepatu kuda. Jadi, sepanjang lomba akan minus dari satu lirik lagu anak-anak femes Indonesia ‘Naik Delman’ yang ‘tuk-tik-tak-tik-tuk’ lho! 😛

Ruas jalan raya yang lebar memastikan penonton bisa aman menyaksikan gelaran lomba. Meski tak segalak banteng di acara matador di Spanyol, horor banget kan kalau sampai salah satu kuda peserta balapan mendadak ngambeg dengan kabur ke arah penonton?

Peserta balapan dilepas berdua dan para pemenang dari masing-masing balapan berlomba lagi sampai akhirnya ada salah satu yang keluar menjadi juara utama. Total 35 peserta lomba menyisakan 3 juara dari empat kelas yang dilombakan. Pembeda kelas lomba adalah jenis kuda penarik cikar.

Saya benar-benar excited, jika akhirnya satu hari cidomo –moda transportasi tradisional di Lombok, diperlombakan serta menjadi daya tarik baru nikmati wisata-wisata lain yang eksis di Lotim. Alternatif wisata tradisional Lombok yang bisa menjadi magnet baru, bahkan bisa menjadi tontonan bersama keluarga. Terutama karena lokasi balap cikar terletak di jalur utama penghubung berbagai lokasi destinasi wisata di Lombok, khususnya Lombok Timur.

Sebagian besar Ezytravelers saat ini mungkin hanya naiki cidomo, becak atau delman di spot-spot wisata. Momen balap cikar seperti yang diselenggarakan masyarakat Masbagik Timur boleh banget menjadi list aktifitas di trip berlibur ke Lombok. Ish, saya jadi merasa heboh sendiri, jika di penyelenggaraan balap cikar berikutnya para wisatawan dari luar Lombok diberikan kesempatan khusus memacu cikar di arena balap. But please, safety first, kudu didampingi pak kusir asli yaaa. Jadi, kenangan tentang wisata tradisional Lombok, khususnya moda transportasi tradisionalnya yaitu cidomo, menjadi salah satu kenangan terbaik dari momen nge-trip seru selama di Lombok.

Siap seseruan dan tak sekadar menjadi penumpang cidomo? Masukin agenda balap cikar Masbagik Timur di note trip berlibur tahun depan ya. Kadung berlibur ke Lombok di tahun ini? Gili Trawangan, satu dari si tiga gili yang femes di sisi utara Lombok sediakan cidomo sebagai moda transportasi utama berkeliling gili cantik ini. Sudah pernah ke Trawangan? Ezytravelers bisa banget intip setiap lewatin pasar tradisional. Masih ada cidomo-cidomo yang ‘parkir’ dan setia menunggu penumpang. Oia, kawasan wisata di pantai Senggigi juga kadang-kadang masih ada cidomo-cidomo yang melintas dan temani para turis berkeliling santai. Salam travelling..

“Intip Hotel, Paket Liburan
dan Tiket Pesawat ke Lombok Terbaru” Hotel di Lombok, Indonesia
Holidays Package
, dan Tiket Murah
(Visited 75 times, 1 visits today)


About

Penulis freelance dengan seorang putri dan seorang putra, serta selalu berjuang keras menjadi istri terbaik dunia dan akhirat.


'Wisata Tradisional, Balap Cikar Masbagik Lombok' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloLombokku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool